Beranda / Tutorial Blog / WordPress Plugin Terbaik Gratis Paling Keren Tahun 2019

WordPress Plugin Terbaik Gratis Paling Keren Tahun 2019

WordPress merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang mudah untuk digunakan. Untuk membuat blog WordPress anda menjadi lebih baik, anda membutuhkan WordPress plugin terbaik. Banyak sekali WordPress plugin yang terdapat di direktori WordPress, tapi hanya sedikit yang layak untuk diinstall di blog anda.

Berikut adalah WordPress plugin terbaik 2019 yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan performa blog anda baik untuk pembaca dan juga search engine. Plugin meningkatkan waktu loading blog anda, jadi gunakanlah dengan bijak dan hanya jika diperlukan. Semakin sedikit plugin yang diinstall akan semakin baik.

WordPress Plugin Terbaik 2019

1. Akismet

 

Akismet merupakan plugin yang sangat membantu jika anda memiliki banyak komentar dalam post anda. Sangat normal jika beberapa komentar  berupa komentar spam yang dihasilkan oleh bots untuk promosi website.

Hal ini sangat sering terjadi, tapi ada Akismet yang akan mengamankan blog anda dari spam dan komentar yang membahayakan. Ketika seseorang memberikan komentar di blog anda setelah menginstal Akismet, akan melakukan scan terhadap server dan juga melakukan tes. Jika ada komentar yang lolos, akan masuk ke dalam komentar pending, atau bisa juga komentar tersebut dihapus.

 

2. Contact Form 7

Contact Form 7 sangat membantu untuk membuat halaman kontak di blog anda. Plugin ini membuat kontak form yang cantik dengan sangat cepat. Sangat simpel dan fleksibel dan juga tersedia dalam berbagai bahasa. Mempunyai fitur seperti ajax powered submitting dan  spam filtering. Merupakan WordPress plugin terbaik untuk membuat halaman kontak.

 

3. All in One SEO

All in One SEO merupakan sebuah plugin yang mengoptimalkan blog anda untuk search engine. Secara otomatis mengoptimalkan blog post anda dan menjadikan  ranking blog lebih baik di search engine. Juga menghasilkan SEO meta tag dan juga banyak fitur lain yang disediakan oleh plugin ini.

 

4. Wp Smush.it

WP Smush.it mengurangi waktu loading halaman blog anda dengan mengkompres ukuran gambar menggunakan Yahoo Smush.it API. Instal plugin ini jika anda mempunyai banyak gambar di blog post anda.

 

5. Disqus Comment System

Merupakan sebuah plugin yang dikembangkan oleh kelompok non-official menggunakan Disqus API. Komentar yang dibuat akan mudah terindex dan SEO friendly. Jika anda ingin mengganti model komentar tradisional makan cobalah untuk menggunakan Disqus Commenting System. Menyaring komentar spam dan juga terdapat fitur untuk memblokir komentar yang dimasukkan dalam list.

 

6. Google XML Sitemaps

Google XML Sitemaps akan menghasilkan sebuah XML Sitemaps untuk blog anda sehingga memudahkan search engine seperti Google dan  Bing untuk melakukan crawl dan juga mengindex situs anda. Plugin ini mendukung semua halaman yang dihasilkan oleh wordPress dan juga memberitahu search engine bots ketika ada post baru yang dipublikasikan di blog anda.

 

7. Thank Me Later

Plugin ini akan mengirim email kepada pemberi komentar sewaktu seseorang menulis komentar di blog anda. Hal ini akan membantu anda dalam meningkatkan hubungan dengan pembaca dan mendukung pemberi komentar untuk menulis komentar yang lainnya di blog anda. Anda bisa memberi nama terhadap komentator sehingga lebih akrab. Selain itu, anda juga bisa menambahkan RSS feed links, facebook page, dan twitter untuk meningkatkan fan following di blog anda.

 

8. WPtouch

WPtouch adalah plugin yang sangat efektif untuk membuat blog anda agar komfortabel dengan perangkat mobile. Plugin ini akan membuat sebuah versi mobile blog anda untuk Android, iOS, dll. Mendukung smartphone dan membuat blog anda berjalan mulus di perangkat mobile. Jika tema blog anda adalah responsive maka anda idak perlu mengunakan plugin ini. Tapi jika tidak, maka anda perlu menginstal plugin ini. Menginstal plugin ini tidak akan mempengaruhi tema desktop blog anda.

 

Itulah beberap WordPress plugin terbaik 2017 yang bisa anda gunakan unuk meningkatkan performa blog anda sehingga dapat menaikkan ranking blog anda di search engine.

6 Komentar

  1. Contact Form 7 di saya kok berat ya mas? ada rekomendasi lain gak ya? 🙂

  2. Salam kenal gan..postingan yg sangat bermanfaat, mau dikit nanya ya gan
    aku dulu menggunakan 2 seo yaitu all in one seo & yeos jadi satu, tapi kata temanku satu aja takut terjadi spam..pd hal menurut saya 2 seo itu banyak peningkatan dari pada yang sekarang yang saya gunakan yaitu yeos..
    Mohon pencerahanya ya gan..kembali digabung atau bagaimana solusinya..??
    Terima kasih.

    • Satu saja yang diinstal kk. Kalau pakai 2 plugin, nanti terjadi bentrok (bukan terjadi spam).
      Saya rekomendasikan pakai Yoast WordPress SEO saja (saya pakai itu).
      Cukup satu dan maksimalkan ^ ^

      • Setuju nih.. Lebih mudah pakai SEO by Yoast.. Ngomong2 apakah page analysis nya perlu dikerjakan semua sampai semua indikatornya berwarna hijau? Kalau ada yang kuning atau merah dan tidak diperbaiki apa bisa bikin SEO buruk? Trims 🙂

Tinggalkan Komentar