Beranda / Tutorial Blog / Panduan SEO (Search Engine Optimization) Google

Panduan SEO (Search Engine Optimization) Google

Panduan SEO – Setiap Blogger perlu tahu tentang panduan SEO yang bisa menaikkan ranking dan meningkatkan trafik di search engine. Tips panduan SEO berikut tidak akan menjamin blog anda akan menjadi No. 1 di SERP (Search Engine Results Page) tapi dapat saya katakan bahwa tips panduan SEO ini akan memberikan anda pengetahuan yang lebih banyak tentang SEO. Saya harap anda menikmati artikel ini dan dapat mengambil sesuatu yang baru darinya.

 

panduan seo

 

Tips Panduan SEO

1. Buatlah konten yang bagus dan menarik

Bagian yang paling penting dari blog anda adalah isi atau konten dari blog tersebut. Tidak peduli bagaimana SEO yang anda lakukan, jika konten dari blog anda tidak berkualitas maka anda tidak dapat mengalahkan algoritma dari search engine. Buatlah konten yang bagus tanpa kesalahan grammar dan penulisan. Google juga melihat sebuah blog dari kesalahan grammar dan penulisan yang dibuat. Buat isi blog anda seinformatif mungkin. Gunakan bold, underline, dan italic hanya jika diperlukan. Gunakan bullets, list, dan gambar untuk membuatnya unik dan menarik. Dan juga selalu update blog anda dengan konten yang baru. Satu postingan setiap minggu sudah cukup.

2. Gunakan satu keyword di setiap tulisan

Jangan mencoba untuk menggunakan beberapa keyword dalam satu tulisan. Anda harus menggunakan satu keyword per tulisan untuk mengoptimalkannya dengan keyword tertentu. Jika anda mencoba untuk menggunakan dua atau lebih keyword per tulisan, maka kemungkinan anda akan mengalami kekacauan di semua keyword karena hal itu akan terlihat sebagai keyword abuse terhadap search engine.

3. Optimalkan URL untuk search engine

Lebih baik menggunakan nama keyword yang tepat di URL untuk membuatnya search engine friendly. Gunakan “https://www.tamtowild.com/tips-panduan-seo-google/” daripada “https://www.tamtowild.com/?p=1544″. Sebuah URL yang search engine friendly adalah yang mendeskripsikan seluruh isi tulisan dalam beberapa kata.

4. Optimalkan gambar untuk search engine

Search engine bots tidak dapat melihat gambar dan menerjemahkannya. Hanya manusia yang dapat melakukan hal ini. Jadi kita menggunakan sebuah “alt” tag untuk ini. Anda dapat menggunakan sebuah keyword yang mendeskripsikan sebuah gambar dengan menggunakan “alt” tag. Dan juga gunakan keyword sebagai nama dari gambar yang digunakan. Anda mungkin akan mendapatkan ranking yang bagus di image search engine melalui metode ini.

5. Gunakan meta tag

Gunakan meta deskripsi  dan meta keyword dalam semua post. Ini akan membuat search engine memahami keseluruhan tulisan. Tetap gunakan meta deskripsi yang kaya akan keyword. Hal ini tidak hanya untuk search engine tapi juga untuk kemudahan orang yang membaca. Jadi buatlah sebuah meta deskripsi yang menarik, dan juga gunakan meta keyword di setiap post.

6. Jangan gunakan flash dan gambar sebagai huruf

Flash mungkin membuat blog anda terlihat keren, tapi hal itu tidak berarti bagi search engine. Mereka tidak dapat membaca atau memahaminya dan mereka menghiraukannya. Mereka tidak dapat melakukan crawl link di setiap file flash. Gunakan jQuery dan CSS untuk membuat elemen lebih menarik. Dan juga hindari menggunakan gambar sebagai heading tulisan karena search engine tidak dapat membacanya. Gunakan teks biasa saja.

7. Buat sitemap dan submit ke google

Jika anda mempunyai blog yang besar, maka anda harus membuat sitemap untuk membuat search engine tahu setiap post dan halaman yang ada di blog anda dan membuatnya terindex di google. Untuk WordPress, ada sebuah plugin yang bisa melakukan hal ini. Jika anda menggunakan Blogger, maka gunakan Google Webmaster Tools dan submit sitemap anda disitu.

8. Gunakan Social Bookmarking

SEO adalah Social Bookmarking. Semakin banyak social share yang anda dapatkan, maka akan semakin terkenal blog anda. Cobalah untuk mendapatkan banyak Google+ jika memungkinkan. Hal itu akan mempengaruhi posisi blog anda di SERP. Share setiap post di blog anda di setiap media social bookmarking. Itu akan memberikan anda banyak trafik. Buatlah tombol sharing media sosial mudah terlihat dan digunakan oleh pengunjung blog anda.

9. Jaga kepadatan keyword

Cobalah untuk menjaga kepadatan keyword antara 2%-3%. Jika kepadatan keyword anda lebih dari 5% maka artikel anda akan kelihatan penuh dengan keyword, hal itu akan dikategorikan sebagai sebuah teknik Black Hat. Jika anda menggunakan hal ini, blog anda akan terlihat seperti spam dan tidak akan lagi terindex di google search engine.

10. Tetap sabar

Sabarlah jika anda melakukan Search Engine Optimization. Tidak peduli bagaimana uniknya dan bagusnya konten blog anda, tidak akan bisa mendapatkan ranking hanya dalam satu hari atau satu minggu. Hal itu membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan ranking yang bagus. Setelah mempublish sebuah post, lakukan link-building terhadapnya dengan anchor text dalam post dan tunggulah hasilnya.

Satu lagi, tulislah artikel yang panjang dan informatif daripada menulis artikel yang pendek. Tapi jangan menurunkan kualitasnya. Meskipun anda tidak dapat menulis artikel yang panjang tidak masalah, asalkan apa yang anda tulis unik dan menarik serta berkualitas tinggi.

 

Itulah tips panduan SEO yang mungkin bisa membantu anda dalam meningkatkan trafik dan ranking blog anda di search engine. Bila anda mempunyai tips panduan SEO yang lain selain di atas, tulislah pada komentar di bawah. Akan sangat membantu pembaca lainnya dan juga menambah pengetahuan pembaca tentang panduan SEO.

 

Satu komentar

  1. do you have a twitter that i can follow

Tinggalkan Komentar