Artikel Kesehatan

Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Beberapa Tips Cara Mengatasi Susah Tidur

Susah tidur atau insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti dengan gangguan fungsional saat bangun. Untuk mengatasi penyakit susah tidur atau insomnia ini, biasanya penderita menggunakan obat tidur atau zat penenang lainnya agar mereka bisa tertidur pulas. Yang paling bahaya dari efek penggunaan obat ini adalah efek ketergantungan psikologis. Yaitu mereka beranggapan tidak akan bisa tidur pulas jika tidak mengkonsumsi obat tidur atau zat penenang lainnya. Hal ini akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dilakukan rutin setiap hari.

Iklan

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorang susah tidur. Mulai dari faktor internal maupun dari faktor lingkungan eksternal. Jika kita bisa mengetahui penyebab utama mengapa susah tidur, maka kita akan menemukan bagaimana cara mengatasi susah tidur ini.

Penyebab Susah Tidur

Gangguan Psikologis

Memiliki masalah yang tidak sedikit akan membuat seseorang sulit untuk tidur pada malam hari. Berbagai macam masalah tersebut akan menghantui setiap kali berbaring di tempat tidur. Permasalahan tersebut biasanya berupa permasalahan yang terjadi di kantor, permasalahan tetangga, permasalahan keluarga, permasalahan masa depan, perasaan bersalah, dan lain-lain. Jika hal tersebut menjadi beban pikiran maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah. Seperti depresi dan frustasi bahkan hal tersebut dapat menjadikan seseorang trauma terhadap sesuatu. Hal inilah yang menyebabkan seseorang terganggu secara psikologis sehingga mereka susah tidur pada malam hari.

Lingkungan yang Tidak Kondusif

Kondisi lingkungan yang tidak nyaman sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari dapat menyebabkan seseorang susah tidur. Lingkungan tersebut dapat berupa lingkungan yang dekat dengan keramaian atau suara bising. Lingkungan ini berpotensi menyebabkan penyakit susah tidur atau insomnia.

Gaya Hidup yang Tidak Teratur

Dalam kategori ini biasanya seorang yang menderita penyakit susah tidur atau insomnia disebabkan oleh beberapa hal. Misalnya seperti main game yang lupa waktu, membuka internet hingga malam, menyaksikan televisi sampai dini hari, tidur dengan perut kosong, mengkonsumsi alkohol, dan lain sebagainya. Kegiatan-kegiatan yang tidak teratur tersebut dapat menyebabkan tidur tidak tenang.

Penggunaan Obat-Obatan

Susah tidur ini juga bisa disebabkan oleh penggunaan obat-obatan. Penyakit seperti sakit kepala, penyakit asma, jantung, maag dan stroke terkadang dapat membuat anda susah tidur. Efek dari obat untuk mengobati penyakit tersebut ada yang bersifat seperti cafein. Yang membuat anda selalu berpikir macam-macam sehingga tidur pun tidak tenang.

Jika kalian mengalami susah tidur dan ternyata penyebabnya adalah salah satu dari beberapa hal di atas, maka sangat disarankan untuk segera memperbaiki pola hidup dan juga lingkungan kalian. Karena jika penyakit insomnia ini terus dibiarkan, maka akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Ada beberapa hal yang bisa kalian coba.

Baca Juga:
Cara Bangun Pagi Walau Tidur Malam
Olahraga Membakar Lemak di Rumah Dengan Cepat
Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Tips Cara Mengatasi Susah Tidur

Hindari kopi

Hindari minum kopi atau minuman yang mengandung cafein di dalamnya. Jika ingin minum sesuatu yang hangat sebelum tidur, lebih baik minum air putih yang hangat atau susu hangat.

Mandi air panas

Mandi air panas dapat membuat tubuh menjadi lebih santai dan terasa nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender saat mandi, tubuh akan terasa lebih baik lagi dan tidur pun bisa menjadi nyenyak.

Hindari makan malam yang berat

Jangan makan malam yang berat di malam hari seperti nasi, roti, mie instant dan sebagainya. Hal ini dapat mengganggu pola tidur. Selain itu makan malam yang berat juga tidak baik bagi kesehatan.

Mematikan peralatan elektronik

Jika ingin tidur nyenyak, jangan lupa untuk mematikan peralatan-peralatan elektronik seperti televisi dan telepon seluler. Cahaya yang dihasilkan dari perangkat elektronik ini masuk ke retina dan membuat bingung kerja otak untuk membedakan siang hari atau malam hari. Hal ini dapat mengacaukan waktu tidur kalian.

Mengatur alarm

Pasang alarm jika sudah waktunya untuk tidur. Hal ini akan sangat membantu untuk mengatur jadwal tidur kalian. Syaratnya harus konsisten dalam melakukannya. Jika waktu tidur sudah kembali normal, kalian tidak perlu lagi melakukan hal ini.

Kebanyakan penyebab susah tidur adalah berasal dari pikiran yang tidak tenang saat akan tidur. Cobalah untuk membuang semua pikiran negatif saat akan tidur. Mulai saat ini biasakan untuk tidur secara teratur dan kurangi begadang agar mendapatkan tidur yang berkualitas.

Iklan

Kasih Jempol Yuk!

Jempol

User Rating: 3.7 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock