Berita Smartphone

Snapdragon Terbaru Tahun 2018 Snapdragon 855

Beberapa waktu yang lalu, tepatnya pada tanggal 4 Desember 2018. Qualcomm telah mengumumkan prosesor Snapdragon terbaru mereka pada tahun 2018 ini yaitu Snapdragon 855. Tahun depan, prosesor Snapdragon 855 ini akan digunakan pada beberapa Smartphone flagship yang akan rilis. Seperti misalnya Samsung Galaxy S10.

Fitur Unggulan Snapdragon 855

  1. Qualcomm’s 3D Sonic Sensor
  2. Snapdragon 855 multi-gigabit 5G
  3. AI Performance Boost
  4. Computer Vision ISP
  5. Snapdragon Elite Gaming

Apa saja keunggulan dari Snapdragon terbaru ini masih belum bisa diketahui secara detail. Akan tetapi dari apa yang telah diutarakan oleh Alex Katouzian selaku Vice President dan General Manager dapat disimpulkan beberapa fitur utama yang dimiliki oleh prosesor Snapdragon terbaru tahun 2018 ini.

Fitur Snapdragon Terbaru, Snapdragon 855

Snapdragon 855 multi-gigabit 5G

Qualcomm Snapdragon 855 adalah prosesor untuk Smartphone pertama yang sudah didukung dengan kemampuan jaringan 5G. Dengan prosesor ini kalian akan dapat merasakan kecepatan internet yang lebih cepat. Tentu saja hal ini jika jaringan 5G sudah mulai online dimana kemungkinan akan mulai online pada tahun 2019 mendatang.

Pabrikan Samsung adalah yang akan pertama kali mengeluarkan Smartphone dengan fasilitas 5G. Samsung Vice President Senior Justin Denison mengatakan sebuah Smartphone Samsung yang ditenagai oleh sebuah prosesor Snapdragon 855 akan diluncurkan di awal tahun 2019.

Qualcomm’s 3D Sonic Sensor

Salah satu fitur unggulan lainnya dari prosesor Snapdragon terbaru ini adalah adanya Qualcomm 3D Sonic Sensor. Sebuah sensor sidik jari ultrasonic yang berada di bawah layar Smartphone. Dengan menggunakan prosesor ini, pabrikan Smartphone tidak lagi perlu untuk menempatkan sensor sidik jari di bagian belakang ponsel. Yang kemungkinan bisa menjadikan ponsel tersebut kelihatan aneh seperti pada Samsung Galaxy S8 dan Note 8 dua tahun yang lalu.

Karena sensor ini adalah ultrasonic, Qualcomm menjanjikan akurasi dari deteksi dan juga kemananan yang lebih dibandingkan dengan sensor optik. Tidak seperti sensor optik, Sonic Scanner mengambil gambar 3D dari sebuah sidik jari. Hal ini menjadikan sangat sulit untuk memanipulasi sensor Sonic Scanner tersebut.

AI Performance Boost

Kemampuan lain dari prosesor Snapdragon terbaru ini adalah mendukung beberapa fitur yang sangat penting bagi pengguna Smartphone. Snapdragon 855 memiliki mesin AI generasi ke-4 dari Qualcomm. Update dari mesin ini akan menghasilkan kemampuan 3x lebih cepat pada fitur AI daripada yang dimiliki oleh Snapdragon 845 yang saat ini banyak digunakan oleh Smartphone flagship Android.

Computer Vision ISP

Untuk fotografi, Snapdragon 855 akan memiliki sebuah Computer Vision ISP. Dengan adanya fitur ini, akan menghasilkan jepretan fotografi dan video secara komputerisasi. Saat ini ponsel yang sudah menggunakan komputerisasi dalam fotografi dan juga video adalah Google Pixel 3. Dengan adanya Snapdragon terbaru ini diharapkan akan bisa menyaingi kemampuan fotografi dan video yang dimiliki oleh Google Pixel 3.

Snapdragon Elite Gaming

Snapdragon terbaru ini juga akan dilengkapi dengan fitur Elite Gaming. Sebuah fitur yang diklaim oleh Qualcomm akan meningkatkan kemampuan pengguna untuk bermain game di Smartphone. Game pada ponsel Smartphone saat ini telah menjadi tren. Dengan adanya fitur Elite Gaming ini diharapkan akan menghasilkan kualitas grafik yang lebih bagus dengan lag seminimal mungkin. Daya tahan baterai juga akan menjadi lebih lama dengan adanya fitur Elite Gaming ini.

Di atas kertas, Snapdragon 855 ini akan menjadi sebuah gebrakan penting untuk ponsel Android. Akan tetapi hasil benchmark harus dilihat terlebih dahulu untuk menguji berapa besar kemampuan yang dimiliki oleh Snapdragon terbaru ini. Detail lebih lanjut mengenai prosesor Snapdragon 855 ini akan dirilis minggu depan.

Kasih Bintang Yuk!

User Rating: 3.85 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock