Artikel Kesehatan

Sering Lapar Gejala Penyakit Apa?

Makan merupakan kebutuhan manusia sehari-hari. Tanpa ada makanan, maka tubuh tidak akan bisa menghasilkan energi dan akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Efek yang paling mudah bisa kita rasakan apabila tidak makan adalah lemas. Akan tetapi apabila kita merasa sering lapar meski baru saja makan, maka hal ini lain lagi ceritanya. Mungkin muncul pertanyaan di benak kita apabila kita terus-terusan merasa lapar. Lalu sering lapar gejala penyakit apa ya? Mungkin hal ini bukan disebabkan oleh penyakit. Karena rasa lapar ada banyak sekali penyebabnya.

Iklan

Merasa sering lapar gejala penyakit apa ya?

Jika kalian terus-terusan merasa lapar meski baru saja makan. Mungkin beberapa hal berikut ini adalah penyebabnya. Bisa jadi rasa lapar terus-terusan yang kalian alami bukan disebabkan oleh penyakit.

Merasa sering lapar karena diabetes

Tubuh mengubah gula dalam makanan menjadi glukosa. Glukosa ini merupakan bahan bakar energi untuk tubuh. Ketika memiliki penyakit diabetes, glukosa tidak akan bisa mencapai sel-sel tubuh. Tubuh akan merespon dengan memberikan rasa lapar agar kalian makan lagi dan lagi. Terlebih lagi pada mereka yang memiliki penyakit diabetes tipe 1. Mereka akan memakan makanan lebih banyak akan tetapi berat badan justru lebih mudah untuk turun. Yang perlu kalian ketahui, selain nafsu makan yang meningkat, gejala lain dari diabetes di antaranya rasa haus yang berlebihan, penglihatan menjadi buram, sering merasa kesemutan atau nyeri di tangan atau kaki, serta sering cepat lelah.

Merasa sering lapar karena gula darah rendah

Hipoglikemia atau kadar gula darah rendah adalah kondisi di mana kadar glukosa dalam tubuh turun hingga ke tingkat yang sangat rendah. Orang dengan diabetes biasanya menjadi yang paling rentan akan hal ini, tetapi masalah kesehatan lainnya juga dapat menyebabkan kondisi ini. Termasuk di antaranya pasien dengan hepatitis, gangguan ginjal, dan masalah dengan kelenjar adrenal. Pada kasus yang parah, orang dengan hipoglikemia bisa juga tampak sangat lemah. Mereka juga mungkin mengalami kesulitan saat berjalan. Gejala lainnya antara lain kecemasan, kulit menjadi pucat, tubuh gemetar, dan banyak mengeluarkan keringat.

Merasa sering lapar karena PMS

Pre Menstrual syndrome (PMS) merupakan penyebab utama dari perasaan lapar dan keinginan untuk makan secara terus-menerus. Hampir semua wanita yang sedang mengalami PMS merasa sangat lapar dan mengalami nafsu makan yang meningkat. Hal Ini terjadi karena pada saat PMS, tubuh mengalami perubahan hormon yang cukup drastis.

Baca Juga:
Cara Mengatasi Susah Tidur Malam
Budaya Korea Selatan Yang Unik Dan Aneh

Merasa sering lapar karena kurang tidur

Kurang tidur juga bisa memicu rasa lapar yang berlebih. Tidur selama 5 jam atau kurang dalam sehari sangat memungkinkan seseorang untuk mengkonsumsi kalori berlebih setiap harinya. Semakin banyak waktu seseorang untuk terjaga, semakin besar kemungkinan untuk terus merasa lapar dan ingin makan terus-menerus.

Merasa sering lapar karena stress

Jika kalian merasa stres, kesepian atau banyak pikiran, secara tidak langsung hal ini akan berpengaruh pada sistem metabolisme tubuh. hal ini juga memberikan pengaruh besar terhadap otak dan mendorong rasa lapar atau ingin makan terus-menerus. Selain meningkatkan keinginan untuk makan, tidak jarang stres akan membuat kondisi kesehatan menjadi kurang stabil.

Merasa sering lapar karena kurang minum air putih

Kurangnya minum air putih bisa menjadi penyebab meningkatkan rasa lapar. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, tubuh akan terasa lemah, kurang bersemangat dan lemas. Dehidrasi juga meningkatkan resiko untuk stres, depresi atau kecemasan yang membuat kalian semakin merasa lapar dan ingin makan terus-menerus.

Merasa sering lapar karena olahraga

Olahraga dan gerak tubuh yang dilakukan terlalu keras serta berat akan membuat kalori yang dibakar oleh tubuh sangat banyak. Ketika kalori yang dibakar oleh tubuh banyak, hal ini juga akan membuat kalori yang dibutuhkan oleh tubuh bertambah banyak pula. Saat tubuh membutuhkan banyak kalori, nafsu makan akan meningkat.

Itulah beberapa hal yang bisa menyebabkan sering lapar. jadi jika kalian bertanya sering lapar gejala penyakit apa? Hal ini bisa jadi karena diabetes dan kadar gula darah yang rendah. Tapi jangan langsung berkesimpulan bahwa rasa sering lapar karena diabetes dan gula darah rendah. Mungkin rasa sering lapar yang kalian alami juga disebabkan oleh hal lain seperti stress, kurang konsumsi air, terlalu sering olahraga, dll.

Iklan

Kasih Jempol Yuk!

Jempol

User Rating: 3.95 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock