Beranda / Berita Smartphone / Prosesor Smartphone Terbaik Saat Ini
prosesor smartphone terbaik saat ini

Prosesor Smartphone Terbaik Saat Ini

Pemasok prosesor smartphone terbanyak saat ini adalah Huawei, Samsung, dan Qualcomm. Yang paling banyak adalah Qualcomm. Dimana saat ini banyak sekali smartphone yang menggunakan prosesor dari Qualcomm. Sementara smartphone dari produsen Samsung dan Huawei menggunakan chipset yang telah mereka kembangkan sendiri. Lalu apakah yang menjadi prosesor smartphone terbaik saat ini? Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang apa itu prosesor / chipset smartphone.

Apa Itu Prosesor Smartphone?

Prosesor / chipset smartphone selalu datang sebagai sistem chip tunggal (SoC). Ini berarti bahwa beberapa jenis prosesor digabungkan menjadi satu silikon. Yang secara signifikan memengaruhi kecepatan kerja smartphone. Clock rate dan jumlah core dari Central Processing Unit (CPU) tidak memberitahukan apa-apa tentang seberapa cepat smartphone bekerja dalam tugas-tugas tertentu.

SoC terdiri dari CPU, GPU, modem LTE, prosesor multimedia, keamanan, prosesor sinyal, akselerator AI. Dan sering juga unit untuk Bluetooth dan Wi-Fi. Berbagai fitur ini menjadikan sulit untuk berbicara tentang chipset smartphone terbaik saat ini. Hal ini dikarenakan banyak aspek yang harus dijadikan dalam penilaian.

HP Android kelas atas yang telah keluar pada paruh terakhir tahun 2018 atau awal tahun 2019 akan mengemas salah satu dari prosesor HP terbaik saat ini:

prosesor smartphone terbaik saat ini

Hampir semua chipset smartphone menggunakan arsitektur ARM untuk CPU mereka. ARM menyediakan kelas-kelas CPU dengan kekuatan yang berbeda. Hal ini dapat ditemukan dalam beberapa variasi SoC smartphone. Caranya adalah komposisi dan waktu dari chipset tersebut.

Situasinya mirip dengan prosesor grafis. Qualcomm menggunakan Adrenos untuk mengembangkan akselerator mereka sendiri. Samsung dan Huawei di sisi lain, menggunakan unit Mali dari ARM. Semuanya ditangani oleh Android melalui OpenGL dalam versi yang berbeda. Model terbaru juga mengandalkan dukungan Volcano. Dari sudut pandang pengembang game, hal ini membuat chipset sebagian besar dapat diganti-ganti. Menjadikan kinerja game mereka sebanding dalam hasil benchmark yang didapat.

Ada perbedaan antara GPU yang cepat dan lambat di Android. Saat Anda memulai game baru dengan smartphone yang benar-benar keluaran lama. Berbeda dengan komputer Windows, game (biasanya) tidak terlalu jelek. Sebaliknya, mereka menunjukkan detail yang kurang. Berikut ini adalah beberapa penjelasan singkat prosesor HP terbaik saat ini:

Prosesor Smartphone Terbaik Saat Ini:

Qualcomm Snapdragon 855

Snapdragon terbaru untuk tahun 2019 memiliki pembaruan yang besar dan Realitas Virtual dan AI jelas menjadi fokus dalam hal ini. Resolusi dan rendering yang ditangguhkan telah di tingkatkan. Ada enam derajat kebebasan untuk melacak gerakan tanpa perangkat keras tambahan eksternal. Chipset tidak hanya digunakan di smartphone, tetapi juga di headset VR yang berdiri sendiri.

Fitur utama terbaru dari Snapdragon 855 adalah DSP. Hal ini disebut sebagai Hexagon 690 dan fitur Tensor Accelerator terbaru. Yang dirancang khusus untuk hal-hal terkait AI. Ini adalah entri Qualcomm dalam perlombaan chipset ponsel cerdas yang diaktifkan oleh AI. Yang melibatkan Apple dan Huawei. Chipset AI Qualcomm mencapai 7 triliun kalkulasi per detik. Yang berarti 2 triliun lebih banyak dari A12 Bionic. Hal inilah yang menjadikan Snapdragon 855 menjadi salah satu prosesor smartphone terbaik saat ini.

Belum ada ponsel dengan Snapdragon 855 yang dikeluarkan. Tetapi kami berharap jajaran Samsung S10, yang diluncurkan beberapa waktu lagi. Akan menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan chipset ini.

Samsung Exynos 9810

Exynos 9810 yang baru menjadi pendukung dari Galaxy S9. Di pasar Eropa, AS menerima versi Snapdragon. Chipset ini mendapatkan peningkatan biometrik, serta peningkatan pengenalan wajah 3D. Hal inilah yang menjadikan Exynos 9810 menjadi salah satu prosesor HP terbaik saat ini.

Sejauh ini, baik Apple maupun Samsung tidak dapat memuaskan pelanggan mereka. GPU yang bertanggung jawab untuk ini akan berkurang dari 20 menjadi 18 unit aritmatik. Namun, hilangnya kinerja yang dihasilkan dapat di kompensasi oleh laju kecepatan CPU.

Tanpa tambahan sub-unit untuk tugas-tugas AI. Samsung mengambil pendekatan desain yang berbeda dari Huawei atau Qualcomm. Karena kurangnya tolok ukur untuk AI dan Deep Learning. Kami belum dapat mengatakan apakah Samsung melakukan kesalahan di sini.

Huawei HiSilicon Kirin 980

Dengan Mate 20 Pro, Huawei memperkenalkan ponsel pertamanya dengan chipset AI yang dikenal sebagai Kirin 980. Ketika Anda melihat keluaran smartphone baru. Dengan cepat menjadi jelas bahwa beberapa produsen smartphone telah menghabiskan uangnya ke fitur AI. Chipset yang diluncurkan di IFA 2018 di Berlin ini memberikan beberapa potensi besar di panggung. Itu adalah SoC pertama di dunia yang di produksi menggunakan proses 7nm. Chipset ini juga memiliki beberapa fitur AI  yang menjanjikan kinerja lebih cepat dari sebelumnya. Dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Hal inilah yang menjadikan Kirin 980 sebagai salah satu chipset smartphone terbaik saat ini.

Baca Juga:
Harga HP Xiaomi Terbaru

Huawei-NPU masih jarang digunakan. Orang-orang bertaruh bahwa Android akan beradaptasi. Dan bahwa aplikasi yang tidak dioptimalkan akan bekerja dengan NPU alih-alih CPU. Hal ini kemudian akan dipercepat sebagian dengan faktor 25 atau membutuhkan lebih sedikit energi dengan faktor 50.

Apakah ada prosesor smartphone terbaik saat ini?

Chipset tahun 2018 dan 2019 memiliki kekuatan di berbagai bidang. Sehingga sulit untuk mengatakan prosesor mana yang terbaik. Qualcomm memberikan inovasi, khususnya dalam grafis, dan bersiap untuk VR yang berdiri sendiri. Namun, pada saat yang sama, chipset ini juga menguasai tugas-tugas untuk asisten AI yang bekerja secara offline. Samsung lebih unggul dalam pengenalan wajah 3D yang lebih efisien dan mudah-mudahan lebih akurat. Huawei dengan chipset barunya, sedang menuai hasil dari pengembangan mereka di AI. Itulah beberapa ulasan singkat mengenai beberapa chipset smartphone terbaik saat ini yang ada di pasaran.

Tinggalkan Komentar