Uncategorized

Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

Secara garis besar tujuan dari dana Jaminan Hari Tua BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk kesejahteraan peserta pada saat memasuki masa pensiun. Jika tidak ada alasan yang sangat mendesak, sangat disarankan kepada peserta untuk benar-benar menggunakan dan memanfaatkan dana Jaminan Hari Tua ini pada saat pensiun. Akan tetapi pencairan BPJS ketenagakerjaan atau dana Jaminan Hari Tua ini dapat kalian lakukan tidak harus menunggu sampai masuk masa pensiun.

Iklan

Untuk pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini kalian bisa datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa beberapa syarat-syarat yang diperlukan.  Sangat disarankan untuk datang sendiri tanpa melalui perantara demi keamanan dan agar proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini bisa cepat diproses oleh Kantor Cabang terkait.

Syarat Pencairan BPJS Ketenagakerjaan Terbaru

 

Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Dana JHT (Jaminan Hari Tua) peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa diambil setelah yang bersangkutan benar-benar berhenti bekerja dan dalam posisi tidak terdaftar kembali sebagai peserta di tempat kerja lainnya. Sebelum kalian datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat, siapkan syarat-syarat pencairan BPJS Ketenagakerjaan berikut:

  1. Sudah berhenti bekerja (PHK / Resign)
  2. Kartu Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan
  3. Surat Pengalaman Kerja / Surat Keterangan Berhenti Kerja
  4. KTP / SIM
  5. Kartu Keluarga (KK)
  6. Buku Tabungan (Untuk Pencairan BPJS Ketenagakerjaan)

Jika semua syarat tersebut sudah kalian siapkan, kemudian fotocopy minimal sebanyak 1 lembar untuk masing-masing dokumen di atas. Kemudian datang ke Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat dengan membawa dokumen asli dan fotocopy syarat-syarat di atas.

Baca Juga:
Sering Lapar Gejala Penyakit Apa?
Cara Mengatasi Susah Tidur Malam

Jika kalian sudah berada di Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan, ada beberapa prosedur yang harus kalian tempuh untuk memulai proses pencairan BPJS Ketenagakerjaan ini.

  1. Mendatangi Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat
  2. Mengisi formulir pengajuan klaim dana JHT (Jaminan Hari Tua)
  3. Menandatangani surat pernyataan sedang tidak bekerja di perusahaan manapun
  4. Ceklist kelengkapan berkas / dokumen
  5. Panggilan wawancara dan foto
  6. Apabila semua prosedur sudah lengkap dana JHT akan ditransfer ke Rekening Bank kalian

Itulah beberapa hal yang harus kalian persiapkan ketika akan melakukan pencairan BPJS Ketenagakerjaan. Mungkin penanganan di setiap Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan akan sedikit berbeda satu dengan yang lainnya. Semoga bermanfaat bagi kalian yang ingin mencairkan dana JHT BPJS Ketenagakerjaan.

Iklan

Kasih Jempol Yuk!

Jempol

User Rating: 3.9 ( 1 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock