Beranda / Tutorial Android / Menampilkan Open Camera Titik Koordinat
open camera titik koordinat

Menampilkan Open Camera Titik Koordinat

Sebagian besar smartphone modern memiliki modul GPS bawaan. Ini adalah alat yang mudah digunakan untuk mengumpulkan data lapangan dengan cepat. Yang diperlukan hanyalah mengambil foto objek yang dimaksud. Metadata foto akan menyimpan semua informasi dasar seperti: tanggal, waktu, koordinat dan ketinggian pada GPS, azimuth pada objek. Yang perlu Anda lakukan adalah datang ke kantor atau rumah Anda dan menambahkan informasi tentang apa yang ditampilkan di foto. Pada bahasan kali ini kami akan memberikan sedikit tutorial tentang bagaimana cara setting aplikasi Open Camera titik koordinat atau Geotagging.

Geotagging adalah tindakan memasukkan informasi geografis tentang di mana foto diambil dengan file foto digital. Geotagging titik koordinat sangat membantu bagi siapa pun yang mengambil banyak gambar dan membutuhkan cara untuk merekam dengan tepat di mana setiap foto diambil. Secara default, aplikasi kamera pada smartphone Android Anda memiliki kemampuan untuk menambahkan titik koordinat GPS ke file gambar, tetapi ada beberapa pengaturan yang harus Anda ubah agar fitur ini berfungsi dengan benar.

Setting Open Camera Titik Koordinat

Anda membutuhkan perangkat HP smartphone atau tablet yang menjalankan OS Android untuk bekerja. Selanjutnya Anda perlu menginstal aplikasi Open Camera. Anda dapat menginstalnya dari Google Play. Anda juga dapat mengunduh file APK dari repositori SourceForge resmi dan menginstalnya secara manual.

Baca Juga:  4 Cara Sadap WhatsApp Tanpa Verifikasi

Pengaturan Open Camera

  1. Antarmuka aplikasi Open Camera ini sederhana dan intuitif. Untuk mengaktifkan perekaman Open Camera titik koordinat, buka program setting.
    open camera titik koordinat
  2. Geser ke bawah di jendela setting.
    aplikasi kamera gps
  3. Buka “Location settings”.
    aplikasi kamera gps
  4. Di sini, centang semua kotak: Store location data, Store compass direction, Require location data.
    aplikasi kamera gps
  5. Keluar dari pengaturan kamera dengan pilih tombol kembali. Sekarang kita dapat melihat bahwa ikon geolokasi muncul di sudut kiri atas layar. Dalam contoh, simbol tersebut dicontreng. Ini berarti bahwa smartphone tidak menerima sinyal GPS.
    aplikasi kamera gps
  6. Jika Anda mencoba mengambil gambar saat program Open Camera tidak menerima titik koordinat GPS, Anda akan mendapatkan pesan “GPS location not available”. Dan gambar tidak akan diambil. Ini akan terjadi karena kami menonaktifkan pilihan untuk mengambil foto tanpa adanya titik koordinat GPS di pengaturan.
    aplikasi kamera gps
  7. Ada dua alasan umum mengapa program tidak memiliki sinyal GPS: Anda lupa mengaktifkan layanan lokasi di pengaturan telepon dan Ponsel tidak punya cukup waktu untuk mendapatkan sinyal dari satelit GPS dan menentukan lokasinya.
  8. Pertama, Anda perlu memeriksa apakah deteksi lokasi GPS diaktifkan di pengaturan smartphone Anda. Untuk melakukan ini, buka panel Pengaturan Cepat telepon Anda. Jika indikator “GPS” tidak aktif, ketuk untuk mengaktifkan lokasi. Ketika indikator “GPS” menyala, tutup panel Pengaturan cepat dengan menggesek ke atas atau ketuk tombol kembali.
  9. Setelah Anda mengaktifkan layanan GPS, Anda perlu menunggu beberapa saat dengan aplikasi Open Camera terbuka untuk memungkinkan ponsel menerima titik koordinat dari GPS. Jika Anda memiliki program yang menulis trek GPS di latar belakang, maka Open Camera segera mendapatkan titik koordinat setelah dibuka, dan Anda tidak perlu menunggu. Ketika Open Camera menerima titik koordinat, indikator geolokasi diisi dengan lingkaran putih. Jika kualitas sinyal GPS baik, maka titik hijau akan berada di sebelah indikator posisi geografis. Jika kualitas sinyal buruk, indikator akan berwarna kuning.

    aplikasi kamera gps

  10. Mengambil foto. Untuk melakukan ini, klik ikon kamera biru besar.
  11. Saat foto diambil, Anda dapat langsung memeriksa titik koordinatnya. Untuk melakukan ini, buka foto di galeri dan lihat propertinya. Foto yang entri geolokasinya diaktifkan akan memiliki lokasi mereka direkam.
    aplikasi kamera gps
  12. Untuk mematikan penyimpanan Open Camera titik koordinat / data geolokasi, hapus centang pada kotak pertama dalam pengaturan.
    open camera titik koordinat

Anda juga dapat mematikan persyaratan data lokasi sehingga gambar akan diambil terlepas dari ketersediaan GPS. Dalam hal koordinat diperoleh, mereka akan disimpan dalam file EXIF. Hapus centang pada kotak ketiga untuk melakukan ini.

Demikian tips untuk menampilkan Open Camera titik koordinat. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang ingin melihat histori dimana foto Anda diambil . Bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam melakukan pengaturan di aplikasi Open Camera, dapat menuliskan melalui komentar dibawah.

 

Tinggalkan Komentar