Beranda / Artikel Kesehatan / Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Jerawat dan Cara Menghilangkannya

Bila mendengar kata jerawat, pasti yang terbayang dipikiran anda adalah benjolan berwarna merah di wajah. Jerawat seringkali membuat orang jengkel. Bagaimana tidak, bila anda terkena jerawat tentu akan mengurangi rasa percaya diri anda. Jerawat merupakan salah satu gangguan penyakit pada kulit yang paling banyak jumlah penderitanya dan mungkin anda salah satunya.

jerawat

Jerawat adalah suatu keadaan dimana pori-pori kulit tersumbat sehingga menimbulkan kantung nanah yang meradang. Bila anda sedang terkena jerawat saat ini, jangan takut karena jerawat bisa dihilangkan. Biasanya jerawat yang sudah hilang akan menimbulkan bekas hitam di wajah. Bekas-bekas jerawat ini membutuhkan waktu yang lama untuk hilang.

Penyebab jerawat beraneka ragam. Sebelum kita membahas penyebab jerawat, terlebih dahulu kita bahas apa saja jenis jerawat. Berikut ini adalah jenis jerawat yang biasanya sering dialami oleh banyak orang:

  • Komedo Terbuka

Komedo terbuka atau lebih dikenal sebagai komedo disebabkan oleh pori-pori tersumbat sebagian atau kelenjar keringat yang menghasilkan akumulasi minyak berlebihan. Biasanya bakteri, sel kulit mati dan keratin sering terjebak dalam pori-pori ini. Campuran zat penyumbat atau sebum mengalami oksidasi karena terkena udara dan berubah warna menjadi gelap.

Penampilan fisiknya sering ditandai dengan benjolan kuning hitam atau gelap pada kulit. Setelah dikeluarkan, sebum yang menyumbat berwarna coklat kekuningan. Komedo terbuka biasanya tidak menyebabkan peradangan dan paling sering muncul pada hidung dan bokong.

  • Komedo Tertutup

Komedo tertutup terjadi akibat adanya penyumbatan pori-pori atau kelenjar keringat dengan akumulasi minyak yang berlebih, bakteri, sel kulit mati dan keratin. Komposisi campuran zat penyumbatnya sama dengan komedo terbuka. Karena whiteheads tidak memiliki celah, maka campuran sebum tidak terkena udara dan tidak teroksidasi. Warnanya tetap putih namun kadang kekuningan.

Penampilan fisiknya ditandai sebagai benjolan kecil putih. Komedo tertutup juga biasanya tidak disertai peradangan. Whiteheads dapat muncul di mana saja pada kulit.

  • Papula

Papula memiliki karakteristik gundukan merah, sedikit meradang, namun tidak memiliki puncak karena belum penuh dengan nanah. Komedo yang tidak diobati dapat memburuk menjadi papula ketika dinding kelenjar yang terinfeksi meletus, sehingga memungkinkan campuran sebum dan bakteri menembus kulit di sekitarnya. Ketika sel-sel darah putih masuk ke kelenjar yang meletus untuk melawan infeksi, terjadi peradangan. Jika tidak diobati, papula dapat memperburuk menjadi pustula.

  • Pustula

Ketika papula tidak diobati selama beberapa hari, akumulasi sel darah putih secara bertahap bergerak ke permukaan kulit. Pustula memiliki ciri-ciri memiliki noda di bagian tepi, meradang berwarna kemerahan dan bagian tengahnya berwarna kekuningan atau putih. Pustula sebenarnya merupakan standar dari istilah cara menghilangkan jerawat yang banyak disebutkan orang.

  • Nodul dan Kista

Jerawat yang sampai menimbulkan benjolan dan kista yang besar di bawah permukaan kulit ini lebih parah daripada jenis sebelumnya. Peradangan umum ditemui pada jerawat jenis ini dan juga menyakitkan jika disentuh. Nodul dan kista terbentuk ketika sebuah folikel meradang meletus di bawah kulit. Campuran sebum akibat peradangan kemudian menyebar ke seluruh folikel di sekitarnya dan menginfeksi pori-pori di sekitarnya.

Sebaiknya jangan meremas dan memencet noda ini karena perawatan yang tidak benar dapat mengakibatkan infeksi lebih dalam dan luas, juga dapat menyebabkan peradangan kulit berkepanjangan dan bekas luka yang sulit dihilangkan. Jika dibiarkan, cara menghilangkan jerawat nodul dan kista dapat terbentuk lagi di tempat yang sama. Sebaiknya segera temui dokter kulit.

  • Jerawat Conglobata

Cara menghilangkan jerawat conglobata lebih sering terjadi pada laki-laki daripada perempuan pada usia 18-30 tahun. Penampilan fisiknya sering ditandai dengan benjolan yang meradang, besar, saling menyambung dan tetap aktif selama bertahun-tahun. Jerawat ini paling sering ditemukan pada wajah, dada, punggung, pantat, lengan atas dan paha.

Kondisi ini biasanya dimulai dengan komedo yang memperburuk menjadi jerawat nodul dan kista. Nodul dan kista tersebut kemudian dapat terus pecah dan terhubung sehingga menciptakan lesi yang berulang. Jika tidak diobati, jerawat conglobata dapat menyebabkan kerusakan kulit yang tak dapat dihilangkan.

  • Jerawat Fulminans

Cara menghilangkan jerawat fulminans juga dikenal sebagai jerawat ulseratif akut dan terjadi jika pengobatan jerawat conglobata tidak berhasil. Individu yang terkena akan mengalami rasa sakit dan peradangan pada sendi ditambah dengan masalah kulit akibat jerawat conglobata. Pembengkakan kelenjar getah bening di leher, penurunan berat badan ekstrim dan kekakuan otot dapat terjadi.

Pada titik ini, sangat penting untuk mencari pengobatan medis, bahkan mungkin merlukan rawat inap. Jerawat fulminans juga dianggap sebagai penyakit yang dipicu oleh gangguan sistem kekebalan tubuh.

Setelah kita mengetahui jenis jerawat, sekarang akan dijelaskan beberapa hal penyebab jerawat. Apabila kita mengetahui penyebab jerawat, maka kita dapat melakukan antisipasi agar jerawat tidak muncul di wajah. Berikut adalah beberapa hal penyebab jerawat:

  • Produksi minyak yang berlebihan

Jerawat timbul bukan hanya dari kotoran atau polusi, melainkan disebabkan karena faktor dalam tubuh. Jerawat merupakan kondisi “abnormal” dimana akibat produksi kelenjar lemak yang berlebihan, sehingga menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori kulit.

  • Menyentuh kulit wajah

Ternyata dengan menyentuh kulit wajah juga bisa sebagai pemicu penyebab jerawat timbul. Hal ini dikarenakan kulit wajah seseorang itu sensitive dengan tangan apalagi tangan yang kotor.Coba anda perhatikan, bagian wajah yang sering anda sentuh seperti pelipis dan dagu timbul jerawat bukan? Walaupun tak semua kulit seperti ini, namun alangkah lebih baiknya jika sebelum anda menyentuh kulit wajah bersihkan tangan anda terlebih dahulu.

  • Hormon

Hormon berperan sangat besar dalam pembentukan jerawat. Maka tidak heran, ketika menjelang haid kulit sering muncul jerawat, karena pada saat itu hormon tidak seimbang.

  • Stres

Stres tidak akan seketika menimbulkan jerawat. Ketika seseorang sedang dalam keadaan stres, ada semacam hormon tertentu yang keluar yang dapat menimbulkan jerawat.

  • Kosmetik

Pemilihan kosmetik yang salah bisa membuat kulit berjerawat. Misalnya, memakai bedak atau foundation yang bertekstur creamy atau two way cake. Penyebab lainnya, tidak membersihkan wajah setelah memakai kosmetik dan membersihkan wajah menggunakan produk beralkohol tinggi. Dr. Gloria menyarankan untuk menggunakan bedak tabur atau kosmetik mineral. Untuk pembersih wajah, gunakan yang memiliki kandungan pH seimbang.

  • Makanan

Makanan sebetulnya masih kontroversi. Banyak penelitian hasilnya tidak konsisten, ada yang bilang berhubungan ada yang bilang tidak berhubungan. Hal itu tergantung dari individu masing-masing yang memang pada setiap kali makan makanan tertentu mereka jadi jerawatan, maka dihindari aja makanan tersebut. Contoh makanan yang dapat menimbulkan jerawat: kudapan yang mengandung lemak tinggi seperti daging, produk susu (susu, yoghurt, keju), beberapa jenis kacang dan makanan dengan kadar gula tinggi (es krim dan coklat).

  • Gaya hidup

Faktor penyebab jerawat yang selanjutnya adalah karena pola hidup yang tak sehat, contoh anda kurang tidur dan terlalu kebanyakan merokok juga bisa menjadi penyebab jerawat diwajah.

  • Bakteri

Peranan bakteri juga sangatlah besar dalam pembentukan jerawat. Karena bakteri biasanya terdapat pada kulit, bakteri tersebut adalah p.acne yang terus berkembang biak dalam kelenjar minyak yang tersumbat, sehingga menghasilkan zat-zat yang menimbulkan iritasi pada daerah sekitarnya. Kelenjar tersebut terus berkembang, kemudian membengkak dan pecah kemudian meyebarkan radang ke daerah sekitarnya.

Nah sekarang kita sudah mengetahui apa saja yang bisa menjadi penyebab jerawat. Setelah dibahas mengenai jenis dan penyebab jerawat, saatnya kita mengetahui apa yang harus kita lakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat. Berikut hal yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan menghilangkan jerawat:

  • Tidur yang cukup

Kamu pasti pernah mengalami jerawat yang muncul dikarenakan beberapa hari tidur larut malam. Ketika begadang maka regenerasi sel berjalan tidak optimal dan metabolisme tubuh menjadi kacau sehingga timbul jerawat. Jerawat timbul karena pola hidup yang tidak bagus. Begadang merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat.

  • Mencuci wajah 2 kali sehari

Mencuci wajah 2 kali sehari merupakan salah satu cara menghilangkan jerawat. Keringkan wajah kita dengan handuk yang bersih setelah mencuci muka karena bakteri juga menyukai tempat yang lembab dan hangat. Selalu pastikan kulit anda bersih sebelum tidur dengan mencuci muka anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih sangat bagus dalam membuang sisa metabolisme tubuh. Ketika air putih tercukupi maka sistem pembuangan akan lancar sehingga sampah sampah metabolisme yang ada dalam tubuh dapat dibuang secara menyeluruh sehingga tubuh bebas dari sampah. Ketika banyak sampah dalam tubuh yang tersimpan maka jerawat akan timbul.

  • Perbanyak konsumsi serat dari buah buahan dan sayuran

Salah satu fungsi serat adalah membantu sistem pengeluaran bekerja optimal. Serat yang tercukupi ditambah dengan air putih yang cukup akan melancarkan sistem pencernaan sehingga kotoran terbuang dari tubuh. Sebaliknya, orang yang tidak cukup serat dan minum air putih buang air besar tidak lancar sehingga jerawat kembali muncul.

  • Kurangi Konsumsi Gula Berlebih

makanan seperti coklat, minuman soda, biskuit, permen merupakan sederet makanan yang banyak mengandung gula yang ternyata merupakan satu pemicu timbulnya jerawat. Howard Murad, professor dari UCLA school of medicine menyampaikan bahwa gula berlebih meningkatkan insulin dalam darah yang memicu hormon androgen penyebab kulit berminya. Kulit berminyak akan mudah sekali muncul jerawat. Mulai sekarang kurangilah konsumsi makanan yang terlalu manis untuk menghilangkan jerawat

  • Hindari Stress

Masih ingat kondisi ketika dibawah tekanan ? pada saat kerjaan menumpuk dan sedang ujian di kuliah/sekolah hampir semua orang akan mengalami stress. Apa yang terjadi ketika kamu stress ? jerawat muncul satu persatu. Hal ini hampir selalu terjadi. Jika kita tahu bahwa ternyata stress menyebabkan jerawat, maka mulailah rubah kondisi ini. Lebih banyak bersyukur dan santai dalam menghadapi apapun akan membantu mencegah jerawat muncul. Selain itu, bukankah ketika kita tenang semuanya menjadi lebih baik ?

Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan jerawat. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda untuk mengetahui penyebab jerawat dan cara menghilangkan jerawat yang ada di wajah anda.

Sumber

3 Komentar

  1. Sangat inspiratif salam kenal ditunggu kunbalnya.. smga sukses selalu..

  2. tros kalau cara ngilangin jerawatnya dengan bahan alami gimana.

  3. Wah lengkap banget uraiannya…manfaat banget! ^^
    Kalau jerawatnya masih ringan mungkin bisa sembuh lebih mudah dengan konsumsi makanan sehat dan juga dibersihkan, tapi kalau jerawatnya sudah meradang butuh perawatan ekstra….seperti masalah jerawat hormon atau salah treatment kosmetik kimia… http://bundaberkaryadarirumah.com/bioclinic-anti-breakout-ampuh-mengatasi-jerawat/

Tinggalkan Komentar