Beranda / Artikel Kesehatan / Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya

Wajah Kusam dan Cara Mengatasinya

wajah-kusam

Anda memiliki kulit wajah kusam? Anda ingin wajah anda menjadi bersih? Memiliki kulit wajah yang bersih dan cerah adalah idaman bagi setiap orang. Dengan kulit wajah yang bersih dan cerah akan meningkatkan rasa percaya diri kita. Tampil di depan publik dan banyak orang tidak lagi menjadi masalah.

Tapi bagaimana jika kulit wajah kusam dan berminyak? Tentu hal ini akan menjadi sesuatu yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Dengan wajah kusam dan berminyak biasanya kita menjadi tidak percaya diri ketika berada di forum publik atau berada di keramaian. Hal ini tentu akan mengganggu aktivitas kita sehari-hari.

Kulit wajah kusam dan berminyak bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  • Kurang mengkonsumsi air putih

Kurang mengkonsumsi air putih dapat menjadikan anda dehidrasi dan menyebabkan kulit wajah kusam

  • Tidur tidak teratur

Terlalu sering tidur terlalu larut malam (begadang) juga akan menyebabkan kulit wajah kusam dan terlihat pucat karena darah menjadi berkurang. Maka dari itu, kurangi tidur terlalu malam.

  • Faktor Lingkungan

Jika kita terbiasa berada ditempat-tempat yang kumuh dan tidak sehat maka tidak bisa dipungkiri bahwa debu-debu yang ada dilingkungan tersebut juga dapat menyebabkan kulit kita menjadi tidak sehat, karena debu dapat menempel di kulit yang berminyak, sehingga pori-pori kulit kita akan tersumbat dan menyebabkan jerawat.

  • Pola Makan

Terlalu banyak memakan makanan yang mengandung banyak lemak seperti junk food (makanan yang kurang gizi), gorengan, makanan yang mengandung banyak santan dan kurangnya mengkonsumsi asupan atau vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh dapat menjadikan kulit wajah kusam.

  • Pola Hidup

Pola hidup yang baik tentu akan berdampak positif terhadap kesehatan, begitu juga sebaliknya, pola hidup yang buruk atau tidak teratur maka akan berdampak buruk pada kesehatan kita. Misalnya, jarang berolahraga, mandi tidak teratur, tidur tidak teratur dsb.

  • Kurang tepat dalam memilih produk kosmetik

Kulit wajah kusam juga bisa disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat sehingga tidak cocok untuk kulit kita dan akibatnya kulit kita pun menjadi kusam.

Jika saat ini anda memiliki kulit wajah kusam dan berminyak, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengatasinya.

  • Perbanyak minum air putih
  • Tidur cukup untuk mengurangi stres fisik dan psikis
  • Kulit wajah kusam terjadi karena ada sumbatan-sumbatan racun dalam darah. Jadi, mengatasi kulit wajah kusam dan berminyak adalah dengan membersihkan wajah setiap hari.
  • Konsumsi buah-buahan yang segar dan mengandung banyak nutrisi dan vitamin serta kurangi mengkonsumsi lemak.
  • Luangkan waktu untuk olahraga misalnya setiap hari, atau setiap 1 minggu 1 kali, karena dengan berolahraga tubuh akan menjadi sehat.
  • Kurangi penggunaan obat perawatan wajah karena akan menimbulkan efek samping, jika memang ingin menggunakannya harus selektif dalam memilih dan sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit.

Lakukan tips-tips diatas secara rutin dan teratur jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga kulit wajah kusam anda menjadi bersih dan cerah sehingga bisa menambah rasa percaya diri anda 🙂

 

Sumber

 

2 Komentar

  1. kalau kurang minum air putih kulit wajah jadi mengelupan, sebenarnya inilah yang menyebabkan kulit tampak seperti kusam

  2. Terima kasih banyak infonya…

Tinggalkan Komentar