Beranda / Artikel Kesehatan / Mengapa Manusia Memiliki Bulu Tubuh

Mengapa Manusia Memiliki Bulu Tubuh

bulu-tubuh

Bulu tubuh pada manusia sepertinya menjadi tidak berguna di era modern saat ini. Sebenarnya bulu tubuh bisa membantu kita untuk mendeteksi parasit seperti yang dikemukakan oleh para peneliti. Ada kemungkinan bahwa nenek moyang perempuan kita lebih menyukai pasangan yang bebas dari parasit, sehingga mereka memilih pasangan yang agak berbulu.

Manusia mempunyai lebih sedikit bulu tubuh dibandingkan dengan kerabat dekat kita yaitu kera. Tetapi sebenarnya kepadatan folikel rambut di kulit kita sama dengan kepadatan folikel rambut di kulit kera. Rambut-rambut halus yang menutupi tubuh kita yang telah menggantikan rambut yang lebih tebal sepeti yang terlihat pada kera diperkirakan menjadi sisa evolusi nenek moyang kita.

Sekarang para ilmuwan menemukan rambut-rambut halus ini berguna dalam mendeteksi parasit yang ada di tubuh. “Saya menjalankan sebuah kelompok penelitian yang berusaha untuk memahami biologi serangga penghisap darah”, kata peneliti Michael Siva-Jothy, ahli ekologi evolusi di Universitas Sheffield Inggris. Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk menemukan cara mengendalikan serangga penghisap darah secara efektif dengan demikian mencegah penularan penyakit serangga vektor.

Peneliti merekrut 29 relawan mahasiswa melalui Facebook dan kemudian mencukur bulu tubuh di salah satu lengan mereka. Para ilmuwan kemudian menguji berapa lama waktu yang dibutuhkan para relawan untuk mendeteksi serangga penghisap darah yang ditempatkan pada masing-masing lengan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan serangga penghisap darah untuk menemukan tempat yang baik untuk mulai makan (serangga penghisap darah dihilangkan sebelum mereka mulai makan).

Para peneliti menemukan bahwa bulu tubuh secara signifikan meningkatkan seberapa baik orang dalam mendeteks parasit, dengan memperhatikan bahwa peserta dengan bulu di lengan mendeteksi parasit lebih cepat. Dari sini dapat diketahui bahwa bulu tubuh berfungsi sebagai detektor gerakan. Bulu tubuh juga memperpanjang waktu yang dibutuhkan parasit untuk menemukan tempat makan, mungkin karena bulu tubuh menghambat gerakan parasit, hal ini diungkapkan oleh Siva-Jothy kepada LiveScience.

Pria tampaknya lebih baik dalam mendeteksi parasit. Mereka umumnya mempunyai bulu tubuh yang lebih banyak dari wanita karena kadar testosteron yang lebih tinggi. Hal ini tidak berarti bahwa wanita lebih cenderung digigit serangga penghisap darah. Serangga penghisap darah cenderung lebih suka menggigit di daerah yang relatif tidak berbulu seperti pada pergelangan kaki.

Meskipun peneliti menekankan mereka tidak mengatakan bahwa perbedaan bulu tubuh pria dan wanira adalah karena parasit, mereka berspekulasi bahwa pada wanita masa lalu evolusi kita mungkin dimiliki pada orang-orang pilihan dengan parasit yang lebih sedikit di tubuh mereka.

Sumber: www.mnn.com

Baca Juga

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat – Kantung mata dan lingkaran hitam seringkali mengganggu penampilan …

Satu komentar

  1. sedikit koreksi. manusia gk punya bulu, tpi rmbut:)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.