Beranda / Artikel Kesehatan / Mencukur Kumis dan Jenggot dengan Aman

Mencukur Kumis dan Jenggot dengan Aman

Bila anda laki-laki tentu tidak asing dengan kegiatan mencukur kumis dan jenggot. Kegiatan ini biasanya dilakukan seminggu 2 kali atau bahkan setiap hari di pagi hari sebelum berangkat ke kantor. Mencukur kumis dan jenggot dapat dilakukan dengan menggunakan pisau cukur manual maupun pisau cukur elektrik. Saya lebih memilih menggunakan pisau cukur manual karena lebih murah dan hasilnya lebih bersih dan rapi daripada menggunakan pisau cukur elektrik. Meskipun waktu yang dibutuhkan mencukur kumis dengan pisau manual lebih lama ketimbang menggunakan pisau elektrik. Biasanya mencukur kumis dan jenggot dengan pisau manual membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit untuk mendapatkan hasil yang bersih dan rapi.

mencukur-kumis

Mengapa harus mencukur kumis dan jenggot? Bagi sebagian laki-laki tumbuhnya kumis dan jenggot akan membuat mereka tampak lebih macho dan maskulin. Akan tetapi bagi sebagian yang lain tumbuhnya kumis dan jenggot akan membuat laki-laki merasa tidak nyaman dan kurang percaya dri. Tumbuhnya kumis dan jenggot yang tidak rapi akan membuat wajah menjadi kurang menarik. Hal ini akan membuat daya tarik anda sebagai laki-laki di mata lawan jenis menjadi berkurang. Oleh karena itu salah satu upaya yang bisa dilakukan agar wajah anda  terlihat bersih dan rapi adalah mencukur kumis dan jenggot 😀

Meskipun kegiatan mencukur kumis dan jenggot sudah tidak asing lagi dan sudah sering dilakukan, apakah sudah dilakukan dengan benar dan aman? Kegiatan mencukur kumis dan jenggot apabila tidak dilakukan dengan benar akan membuat kulit wajah anda iritasi bahkan terluka karena terkena pisau cukur. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mencukur kumis dan jengot untuk hasil yang optimal:

  • Cuci muka terlebih dahulu

Sebelum memulai proses mencukur kumis dan jenggot , hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mencuci wajah. Mencuci wajah memastikan bahwa bakteri dan kotoran di kulit anda telah hilang. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada kotoran atau bakteri jika anda tidak sengaja melukai diri saat bercukur. Mencuci wajah dengan sabun yang baik dan air juga akan mempersiapkan kulit anda untuk dengan mudah menyesuaikan diri dengan proses pencukuran yang akan berlangsung.

  • Tambahkan krim cukur

Mungkin beberapa orang memilih untuk tidak menggunakan krim cukur karena mereka merasa tidak membutuhkannya. Akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan krim cukur. Hal ini untuk memastikan bahwa semua rambut yang Anda cukur tidak akan menempel pada kulit wajah. Penggunaan krim cukur akan menghasilkan proses mencukur kumis dan jenggot yang lebih efisien. Selain itu, krim cukur juga melembabkan kulit Anda serta menjadi desinfektan.

  • Periksa pisau cukur anda

Kunci untuk mencukur kumis dan jenggot dengan hasil yang halus adalah pisau cukur yang sangat tajam. Dengan pisau yang tajam, Anda akan dapat mencukur kumis dan jenggot hanya dalam satu sapuan pisau cukur di wajah. Tidak peduli apa jenis pisau cukur Anda, selama mata pisaunya tajam. Jika Anda melihat bahwa pisau cukur yang Anda gunakan ternyata tumpul, Anda harus segera mengganti pisau cukur yang digunakan.

  • Melawan arah

Tukang cukur professional selalu menyarankan untuk mencukur kumis dan jenggot melawan arah. Hal ini berarti jika rambut di wajah tumbuh menurun, Anda harus tarik pisau cukur Anda dengan cara ke atas. Hal ini menjamin bahwa pisau cukur Anda akan memotong rambut di wajah sedekat mungkin dengan akar rambut. Hal ini untuk memastikan bahwa kumis dan jenggot anda membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh kembali.

  • Gunakan aftershave

Aftershave adalah produk antiseptik yang digunakan setelah bercukur. Gunanya adalah untuk membunuh bakteri dan kuman yang biasanya menempel akibat cukuran tidak bersih dan memastikan bahwa kulit pori wajah Anda tertutup dan untuk memperlama kehalusan wajah Anda. Menggunakan aftershave adalah ide yang sangat baik. Hal ini juga membantu mensterilkan kulit Anda dan membuatnya wangi.

Itulah beberapa tips yang mungkin bisa anda praktekkan ketika anda mencukur kumis dan jenggot. Ingat bahwa kumis dan jenggot yang rapi akan semakin menambah daya tarik anda. Selamat bercukur!

 

Sumber

Baca Juga

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat – Kantung mata dan lingkaran hitam seringkali mengganggu penampilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.