Beranda / Artikel Kesehatan / Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan
bunga kenanga

Manfaat Bunga Kenanga Bagi Kesehatan

Bunga Kenanga merupakan salah satu bunga yang sangat mudah dikenali dari aroma wanginya yang khas. Sekilas apabila mendengar kata Bunga Kenanga mungkin yang terlintas dipikiran kita adalah kuburan. Hal ini sangat wajar, dikarenakan Bunga Kenanga ini sangat sering sekali digunakan sebagai salah satu bunga untuk taburan di kuburan atau pemakaman. Salah satu manfaat Bunga Kenanga yang terlihat mistis bukan.

Advertisements

Namun jangan salah, selain dimanfaatkan untuk taburan bunga di kuburan, Bunga Kenanga ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa digunakan bagi kesehatan. Di beberapa tempat mungkin ditemukan lahan yang khusus ditanami oleh pohon Kenanga ini dikarenakan manfaat Bunga Kenanga yang beraneka ragam.

 

Jenis Bunga Kenanga

Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis Bunga Kenanga yang mudah ditemukan. Jenis Bunga Kenanga tersebut adalah Cananga Latifolia dan Cananga Odorata.

1. Cananga Latifolia

manfaat bunga kenanga

Bentuk pohon Kenanga jenis ini bisa tinggi atau berbentuk perdu, tergantung daerah tempat pohon ini tumbuh. Berbunga secara musiman, daunnya berbentuk seperti bulat telur, memiliki pangkal bundar, dan tidak memiliki bulu pada permukaan bawahnya.

2. Cananga Odorata

manfaat bunga kenanga

Kekhasan yang dimiliki forma macrophylla antara lain daunnya agak membundar dengan ukuran sekitar 20 x 20 cm. Tajuk pohon berbentuk kerucut, cabang-cabangnya berdekatan, dan pada pangkal batang terdapat lekukan-lekukan.

Kekhasan yang dimiliki forma genuina antara lain daunnya agak meruncing dengan ukuran sekitar 15 x 7 cm. Tajuk pohon berbentuk kerucut langsing, cabang-cabang tidak berdekatan, dan pada pangkal batang tampak tonjolan-tonjolan.

 

Menanam Bunga Kenanga

Dikarenakan manfaat Bunga Kenanga yang beraneka ragam, seringkali Bunga Kenanga ini dibudidayakan. Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara untuk menanam pohon Kenanga jangan khawatir. Mendapatkan bibit Kenangan cukup mudah kok. Buah Kenanga yang sering ikut terambil ketika memetik bunga Kenanga ternyata bisa dibibitkan. Buah Kenanga ini dapat digunakan sebagai bibit untuk budidaya Kenanga.

1. Tanah dan Iklim

Pohon Kenanga bisa hidup di semua jenis tanah asal sistem pengairannya bagus serta tidak mengandung lapisan cadas. Akar tanaman ini akan menembus jauh ke dalam tanah. Tempat yang digunakan untuk menanam tidak boleh memiliki ketinggian lebih dari 500 m dari permukaan air laut. Akan lebih bagus apabila ditanam dekat pantai, sebab Kenanga sangat menyukai daerah dengan iklim yang lembab dan panas.

2. Bibit

Cara membuat bibit Kenanga sangat mudah.

manfaat bunga kenanga

  • Pilih buah yang sudah tua, yaitu buah yang memiliki warna kulit hijau tua, sedikit kehitaman. Akan lebih baik jika semua warna kulit yang dimiliki hitam.
  • Masukkan ke dalam karung goni selama kurang lebih lima hari, tunggu hingga kulit buah tampak hitam dan apabila ditekan terasa lunak.
  • Selanjutnya keluarkan biji-biji tersebut dengan cara memencet buah yang sudah lunak. Biji dicuci dengan air sampai bersih, kemudian dikeringkan  selama sehari semalam.
  • Biji kemudian disemaikan dalam besek dari bambu yang telah diisi dengan tanah dan harus disiram setiap pagi. Satu minggu kemudian, biji-biji tersebut biasanya sudah berkecambah.
  • Kecambah dicabut, kemudian dipindahkan dalam polybag yang telah diisi dengan campuran tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1. Jangan lupa untuk melubangi dasar polybag.
  • Kemudian bibit dalam polybag ini ditaruh di tempat yang teduh. Boleh di bawah pohon atau dibuatkan naungan khusus dan disiram setiap pagi hari.
  • Kurang lebih selama enam bulan kemudian, tinggi bibit akan mencapai 30 cm. Bibit ini sudah siap ditanam di lahan khusus.

3. Penanaman

Penanaman Kenanga sebaiknya dilakukan pada awal musim hujan. Akan tetapi lubang tanam sudah harus dibuat satu bulan sebelumnya. Ukuran lubang tanam kira-kira 60 cm x 60 cm x 60 cm. Jarak tanamnya 8 m x 8 m, hal ini dikarenakan pohon Kenanga akan tumbuh menjadi pohon yang besar. Jika rajin dipangkas, jarak tanamnya boleh 6 m x 6 m.

Sebelum bibit ditanam, sebaiknya lubang tanam diisi terlebih dahulu dengan pupuk kandang. Terakhir jangan lupa melepaskan kantung plastik yang masih membungkus akar bibit.

 

Manfaat Bunga Kenanga

Tanaman ini memiliki beberapa kandungan zat yang bermanfaat untuk kesehatan, antara lain: minyak atsiri, saponin, flavonoida, dan polifenol. Jika kandungan zat ini diolah dengan benar maka Bunga Kenanga ini akan memiliki banyak sekali manfaat. Beberapa manfaat Bunga Kenanga diantaranya adalah:

1. Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Penyakit Malaria

Penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk ini tidak bisa dianggap sepele. Jika pasien terlambat mendapatkan pertolongan, penderitanya bisa mengalami kondisi yang kritis bahkan bisa menyebabkan kematian. Bunga Kenanga ini bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi penyakit malaria. Caranya sangat mudah yaitu menyeduh 3 kuntum bunga Kenanga dan diminum secara rutin.

2. Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Sesak Napas

Penyakit yang satu ini juga dikenal dengan istilah Asma. Bunga Kenanga dapat dimanfaatkan sebagai obat sesak napas / Asma ini. Caranya cukup mudah, ambil 3 kuntum Bunga Kenanga, kemudian seduh menggunakan 1 gelas air. Minum secara rutin pada pagi dan sore hari untuk mengobati masalah sesak napas / Asma yang dimiliki.

3. Manfaat Bunga Kenanga Sebagai Obat Bronkhitis

Penyakit yang menyerang bagian bronkus manusia ini juga bisa diatasi menggunakan Bunga Kenanga. Caranya dengan mengambil beberapa kuntum Bunga Kenanga kemudian seduh menggunakan 1 gelas air. Biarkan hingga tinggal kira-kira setengah gelas dan minum secara teratur pada pagi dan sore hari.

4. Manfaat Bunga Kenanga Untuk Mengatasi Penyakit Kudis

Masalah kulit yang satu ini juga dapat diatasi dengan Bunga Kenanga. Haluskan beberapa kuntum Bunga Kenanga kemudian oleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur untuk hasil yang maksimal. Ramuan ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit Panu.

5. Manfaat Bunga Kenanga Untuk Mengatasi Keputihan

Masalah yang sering kali dialami oleh wanita adalah keputihan. Akan tetapi bukan keputihan biasa, namun karena infeksi jamur dan juga bakteri. Cara mengobatinya cukup mudah, rebus Bunga Kenanga dicampur dengan kulit Buah Delima. Perbandingannya kira-kira 300 gram dan 300 gram. Kemudian seduh dengan menggunakan 600 cc air. Minum secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Selain memiliki bau yang harum ternyata Bunga Kenanga juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Jadi bagi kalian yang sebelumnya hanya mengetahui manfaat Bunga Kenanga yang biasanya hanya digunakan sebagai taburan bunga di pemakaman, ternyata ada manfaat lain yang sangat besar bagi kesehatan kita. Bagi kalian yang tertarik untuk menanam Pohon Kenanga ini dapat menanamnya sendiri di halaman rumah, karena untuk menanam Pohon Kenanga tidak diperlukan penanganan khusus.

Itulah beberapa manfaat Bunga Kenanga yang bisa kalian coba. Bagi kalian yang sedang mencari cara untuk budidaya Kenanga juga dapat menggunakan referensi di atas. Apabila ada manfaat Bunga Kenanga lainnya yang belum disebutkan diatas, mention melalui komentar di bawah ya. Baca juga artikel menarik lainnya seperti Cara Bangun Pagi Walau Tidur Malam hanya di tamtowild.com

Kasih Jempol Yuk Gan!!!

Jempol

User Rating: 4.05 ( 1 votes)

Baca Juga Artikel Ini Yuk!

Tempat Wisata Romantis di Korea Selatan

Tempat Wisata Romantis di Korea Selatan

Jika kalian merencanakan untuk berlibur ke Korea dalam waktu dekat ini bersama dengan pasangan kalian. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.