Makanan Penurun Gula Darah Tinggi Alami

Sejumlah tanaman obat memiliki efek seperti insulin dalam tubuh manusia sehingga dapat dikategorikan sebagai makanan penurun gula darah alami. Tanaman obat tersebut menurunkan gula darah yang berlebihan pada penyandang diabetes. Dipadu dengan pola makan dan olahraga yang tepat, tanaman obat tersebut dikonsumsi sesudah makan untuk mengendalikan kadar gala darah.

Jumlah penyandang diabetes belakangan ini terus meningkat. Salah satu penyebabnya adalah konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak. Terlalu banyak karbohidrat akan menyebabkan produksi gula berlebihan di dalam darah. Gula darah yang berlebihan ini akan menyebabkan terjadinya penyakit diabetes. Apabila sudah terkena diabetes, hanya bisa dikendalikan dengan pengendalian gula darah. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan penurun gula darah.

Tanaman obat bisa dikonsumsi untuk membantu mengendalikan gula darah. Tanaman obat berfungsi konstruktif, yaitu membangun kembali jaringan yang rusak serta menyembuhkan komplikasi. Tanaman obat sebagai makanan penurun gula darah alami bekerja menurunkan gula darah dengan mekanisme menghambat penyerapan gula berkat kadar seratnya yang tinggi.

Berikut adalah beberapa tanaman obat yang berfungsi sebagai makanan penurun gula darah alami:

makanan penurun gula darah-mahkota dewa

Mahkota Dewa

Efek farmakologi: antiradang, obat disentri, sakit kulit, dan eksim.

Cara penggunaan: lima hingga tujuh iris buah mahkota dewa diseduh dengan satu gelas air panas (200 cc). Kemudian tutup dan biarkan sebentar agar melarut dulu. Setelah itu minum secukupnya.

makanan penurun gula darah-brotowali

Brotowali

Efek farmakologi: analgesik (menghilangkan rasa sakit), anti piretik  (menurunkan panas).

Cara penggunaan:  siapkan 6 cm batang brotowali, cuci bersih, lalu potong-potong. Tambahkan sepertiga genggam daun sambiloto dan sepertiga daun kumis kucing. Rebus dengan tiga gelas sampai menjadi dua gelas. Diminum setelah makan.

makanan penurun gula darah-mengkudu

Mengkudu

Efek farmakologi: memperbaiki sel beta pankreas dan reseptor insulin yang tidak berfungsi dengan baik.

Cara penggunaan: dua buah mengkudu masak diparut, tambahkan sedikit air kapur. Aduk sampai merata. Peras dengan sepotong kain lalu diminum.

makanan penurun gula darah-lidah buaya

Lidah Buaya

Efek farmakologi: antiradang, pencahar.

Cara penggunaan: 1 lembar lidah buaya dicuci bersih, buang durinya, kemudian dipotong-potong. Rebus lidah buaya dengan tiga gelas air sampai menjadi satu setengah gelas. Minum 3 x1,5 gelas setiap habis makan.

makanan penurun gula darah-pare

Pare

Efek farmakologi: antiradang, sifatnya dingin. Charantin dan polypeptide-P di dalam pare merangsang sel beta pankreas mengeluarkan insulin.

Cara penggunaan: 200 gram buah pare segar dipotong-potong, lalu dijus atau direbus. Kemudian airnya diminum.

makanan penurun gula darah-teh hijau

Teh Hijau

Efek farmakologi: polifenol di dalam teh meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

Cara penggunaan: satu sendok tek daun teh hijau diseduh dengan air panas. Minum setelah makan.

 

Itulah beberapa makanan penurun gula darah alami yang bisa Anda coba sebagai alternatif untuk mengobati atau menurunkan kadar gula darah yang ada di tubuh kita. Kombinasikan dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

tamtowild.com

tamtowild.com merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget HP Android serta informasi harga dan spesifikasi HP Android terbaru dan terupdate.

Satu Komentar

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock