Beranda / Uncategorized / Kebijakan Publik

Kebijakan Publik

Pemahaman mengenai kebijakan publik masih terjadi adanya silang pendapat dari para ahli. Namun dari beberapa pendapat mengenai kebijakan publik terdapat beberapa persamaan, diantaranya yang disampaikan oleh Thomas R. Dye (dalam Soenarko, 2000:41) yang menyatakan bahwa kebijakan publik adalah apa saja yang ditetapkan oleh pemerintah untuk dilakukan atau tidak dilakukan. Pendapat yang hampir sama dikemukakan oleh Riant Nugroho (dalam Yuwono, 2008:4) yang mendefinisikan kebijakan publik sebagai segala sesuatu yang dikerjakan dan yang tidak dikerjakan oleh pemerintah sebagai tokoh sentral kebijakan publik.

Pendapat berbeda dikemukakan oleh Dimock dalam bukunya Public Administration yang lebih mengarah pada pendapat dan keinginan rakyat. Menurut Dimock (dalam Soenarko, 2000:42) kebijakan publik adalah perpaduan dan kristalisasi dari pendapat-pendapat dan keinginan-keinginan banyak orang dan golongan-golongan dalam masyarakat.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kebijakan publik adalah produk dari pemerintah untuk mengatasi persoalan-persoalan publik dan atau untuk memenuhi keinginan-kinginan publik secara tepat, cepat, dan akurat sehingga apa yang dilakukan atau yang tidak dilakukan oleh pemerintah dipandang sebagai sebuah pilihan kebijakan.

Tinggalkan Komentar