Beranda / Artikel Kesehatan / Jenis Golongan Darah Sistem ABO
jenis golongan darah

Jenis Golongan Darah Sistem ABO

Jenis Golongan Darah – Sistem ABO adalah penggolongan darah berdasarkan pada ada atau tidaknya zat antigen pada permukaan membran sel darah merah. Zat antigen itu sendiri terbagi menjadi antigen A dan B. darah kita bisa mengandung antigen A, antigen B, mengandung keduanya, atau tidak mengandung keduanya sama sekali. Antigen inilah yang menjadi penentu utama golongan darah seseorang.

Selain mengandung antigen, darah kita juga mengandung aglutinin. Aglutinin merupakan antibodi terhadap antigen. Darah yang memiliki antigen A memproduksi aglutinin B, sehingga orang dengan jenis golongan darah antigen A tidak bisa menerima donor darah orang yang memiliki antigen B. Sebaliknya, golongan darah yang memiliki antigen B memproduksi aglutinin A, sehingga ia menolak donor yang mengandung antigen A.

Baca juga:
Karakter Berdasarkan Golongan Darah

Fakta Golongan Darah              

Jenis Golongan Darah Berdasarkan Antigen dan Antibodi

Golongan Darah A

Orang dengan golongan darah A memiliki sel darah merah dengan antigen A di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen B dalam serum darahnya. Ini artinya, orang dengan jenis golongan darah A memiliki antigen A dan aglutinin B.

Golongan Darah B

Orang dengan golongan darah B memiliki sel darah merah dengan antigen B di permukaan membran selnya dan menghasilkan antibodi terhadap antigen A dalam serum darahnya. Ini artinya, orang dengan jenis golongan darah B memiliki antigen B dan aglutinin A.

Golongan Darah AB

Orang dengan golongan darah AB memiliki sel darah merah dengan antigen A dan B serta tidak menghasilkan antibodi terhadap antigen A maupun B dalam serum darahnya. Hal ini berarti, orang dengan jenis golongan darah AB memiliki antigen A dan B, akan tetapi tidak memiliki aglutinin A mapun B.

Golongan Darah O

Orang dengan golongan darah O memiliki sel darah tanpa antigen, akan tetapi memproduksi antibodi terhadap antigen A dan B dalam serum darahnya. Ini artinya, orang dengan jenis golongan darah O tidak mempunyai antigen, akan tetapi memiliki aglutinin A dan B.

Berdasarkan keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa kecocokan antargolongan darah saat transfusi terlihat dalam tabel dibawah ini:

Resipien  Donor
O A B AB
 O X X X
 A X X
 B X X
 AB

 

Baca Juga

cara merubah warna folder pada windows 8

Cara Merubah Warna Folder Pada Windows 8 dan 10

Kita menggunakan perangkat komputer dalam kehidupan sehari-hari. Seperti belajar, hiburan, belanja online, dan juga rutinitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.