Beranda / Artikel Kesehatan / Diet Golongan Darah A
diet sehat golongan darah a

Diet Golongan Darah A

Diet Golongan Darah A – Dalam teori golongan darah, tidak semua bahan makanan cocok dikonsumsi untuk setiap golongan darah. Terdapat bahan makanan yang bersifat racun bagi golongan darah tertentu, akan tetapi justru baik untuk golongan darah yang lain. Begitu juga sebaliknya.

Golongan darah merupakan rahasia kesehatan kita. Tiap-tiap golongan darah bereaksi secara berbeda terhadap jenis makanan, minuman dan suplemen kesehatan yang dikonsumsi. Masing-masing golongan darah juga mempunyai respon yang berbeda terhadap jenis-jenis olahraga yang dilakukan.

Ketika kita makan, tejadi reaksi kimia antara darah dengan makanan, minuman, dan suplemen yang kita konsumsi. Apapun yang kita konsumsi mengandung lektin. Secara genetik, golongan darah kita telah diprogram untuk menolak atau menerima lektin dari makanan-makanan tertentu.

Lektin yang tidak sesuai dengan golongan darah akan mengumpul dalam organ tubuh seperti otak, hati, usus, ginjal, lambung, jantung. Hal ini menyebabkan sel-sel di daerah tersebut mulai menggumpal. Penggumpalan inilah yang kemudian mengganggu fungsi kekebalan tubuh, metabolisme, dan menyebabkan gangguan pencernaan.

Akibatnya mungkin hanya akan mengalami gangguan-gangguan ringan seperti lelah, sering pusing, mudah mengantuk, migrain, dan sebagainya. Apabila kita tidak segera mengubah pola makan, kita akan menderita penyakit-penyakit kronis seperti batu ginjal, parkinson, diabetes, serangan jantung, alzheimer, stroke, kanker, dan lain-lain.

Secara garis besar, makanan dibedakan menjadi tiga kategori, yaitu bahan makanan bermanfaat, netral, dan berbahaya. Makanan yang bermanfaat adalah bahan makanan yang bereaksi sebagai obat bagi golongan darah. Makanan netral adalah bahan makanan yang bereaksi sebagai makanan atau asupan nutrisi. Makanan yang berbahaya adalah bahan makanan yang bereaksi sebagai racun bagi golongan darah.

Menu Diet Golongan Darah A

Terkait dengan menu diet golongan darah A, pola makan yang sesuai dengan golongan darah A adalah pola vegetarian. Makanan yang dianjurkan adalah makanan-makanan nabati.

Sumber hewani bisa diperoleh dari ikan dan ayam kampung dengan jumlah dan frekuensi yang terbatas. Susu yang dianjurkan adalah susu fermentasi, krim tanpa lemak, keju alami, telur dalam jumlah yang terbatas.

Orang yang mempunyai golongan darah A disarankan untuk menjalani pola makan berbasis sayuran atau vegetarian. Karena sistem pencernaan tipe darah ini relatif sensitif, jadi penting untuk memilih bahan makanan yang segar, murni, dan organik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menu diet golongan darah A :

Daging atau Lauk Pauk

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Para pemilik golongan darah A hanya bisa memakan sejenis ikan. Menu ikan yang bisa dimakan adalah salmon dan sarden. Bisa juga mengkonsumsi abalone dan ikan tuna satu hingga dua kali per minggu. Jika sangat ingin untuk memakan daging, golongan darah A masih diperbolehkan memakan daging ayam paling banyak dua kali seminggu.

Telur

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Telur sangat tidak baik bagi pemilik golongan darah A. Alternatif proteinnya adalah kedelai, bisa dalam bentuk tempe atau tahu.

Minyak dan Lemak

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Golongan darah A masih boleh menggunakan minyak jenis olive oil. Untuk minyak lain seperti canola harus digunakan dalam batas wajar, maksimal dua kali seminggu.

Kacang Tanah

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Pemilik golongan darah A sangat cocok dengan kacang tanah, jangan lupa untuk memakan bersama dengan kulitnya (kulit ari). Kacang lain seperti almond, walnut, dan kwaci boleh dikonsumsi, namun tetap dibatasi. Makanlah kacang tanah yang tidak terasa asin atau manis, yang asli jauh lebih baik.

Roti dan Sereal

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Roti yang cocok untuk golongan darah A adalah kue beras dan soya. Sedangkan untuk serealnya, bisa mengkonsumsi sereal gandum.

Sumber Karbohidrat

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Sumber karbohidrat yang baik bisa ditemukan pada nasi atau oatmeals. Namun, yang paling diutamakan untuk menu diet golongan darah A adalah nasi. Bisa juga mengkonsumsi jagung sebagai makanan alternatif penggantinya.

Sayuran

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Bayam, tempe, tahu, bawang putih, wortel, dan brokoli hijau adalah sayuran yang bisa disertakan dalam menu diet golongan darah A. Alternatif lainnya adalah mentimun, asparagus, alpukat, jamur, mustard. Konsumsinya dibatasi pada satu hingga dua kali seminggu.

Buah

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Nanas, blueberry, blackberry, cherry, lemon, dan anggur adalah beberapa buah yang sangat cocok untuk disertakan dalam menu diet golongan darah A. Sebagai variasi buah, bisa menambahkan apel, blackcurrant, anggur hijau, melon, jambu merah, dan kiwi. Yang diutamakan adalah buah yang telah disebutkan diawal.

Minuman

Diet Berdasarkan Golongan Darah A

Salah satu minuman yang cocok untuk menu diet golongan darah A adalah teh hijau. Tidak ada salahnya juga jika mencoba jahe hangat dan wedang ronde. Keduanya juga sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang dengan golongan darah A ini.

Olahraga untuk Golongan Darah A

Golongan darah A tidak disarankan untuk melakukan olahraga yang terlalu keras. Jika olahraga intens atau terlalu keras dilakukan, maka akan memicu lebih banyak stress pada otot. Otot akan mengeras dan terbentuk lebih banyak asam laktat. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar kortisol sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan terkadang berat badan cepat naik.

Orang dengan golongan darah A lebih baik melakukan olahraga yang bersifat tenang seperti Yoga dan Tai Chi. Bisa juga melakukan olahraga lain seperti: renang, golf, bersepeda, dan jalan-jalan.

Itulah beberapa menu diet golongan darah A. Semoga artikel diatas dapat menambah wawasan Anda dalam memahami lebih jauh terkait dengan golongan darah. Baca kumpulan artikel terlengkap dan menarik dari kami terkait dengan golongan darah di bawah ini.

Baca Juga

cara merubah warna folder pada windows 8

Cara Merubah Warna Folder Pada Windows 8 dan 10

Kita menggunakan perangkat komputer dalam kehidupan sehari-hari. Seperti belajar, hiburan, belanja online, dan juga rutinitas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.