Tutorial Blog

Daftar Domain Gratis Freenom – A Name for Everyone

Daftar Domain Gratis – Sebelumnya kita telah membahas tentang bagaimana cara membuat website gratis dengan platform WordPress self-hosted. Apabila pada artikel sebelumnya kita menggunakan subdomain gratis, maka sekarang kita akan menggunakan layanan daftar domain gratis dari Freenom. Dengan Freenom kamu dapat daftar domain gratis dengan ekstensi .CF, .GA, .GQ, .ML, dan .TK. Untuk daftar domain gratis hanya bisa maksimal 12 bulan. Jadi setelah masa 12 bulan habis, kamu harus memperpanjang domain kamu lagi. Dan perlu diingat bahwa apabila kamu menggunakan layanan daftar domain gratis dari Freenom (dengan ekstensi .CF, .GA, .GQ, .ML, dan .TK) kamu tidak bisa menjual domain tersebut. Kecuali kamu menggunakan domain berbayar yang ditawarkan oleh Freenom. Selain menyediakan ekstensi domain gratis di atas, Freenom juga melayani daftar domain internasional seperti .com, .net, .info, dll.

Iklan

Daftar Domain Gratis Freenom

1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk mendapatkan layanan daftar domain gratis dari Freenom adalah masuk ke website Freenom.

2. Masukkan nama domain yang ingin kamu gunakan untuk website kamu. Kemudian pilih ekstensi domain gratis yang kamu inginkan. Saat ini ada 5 ekstensi domain gratis yang diberikan oleh Freenom.

daftar domain gratis

Apabila kamu sudah yakin dengan nama domain serta ekstensi yang kamu pilih, klik tombol berwarna hijau yang ada disamping ekstensi domain.

Perlu diingat bahwa kamu tidak bisa mengganti nama domain yang sudah kamu daftarkan di Freenom. Untuk mengganti nama domain, kamu harus daftar domain gratis lagi di Freenom.

3. Akan muncul form untuk daftar domain gratis seperti dibawah:

daftar domain gratis

Pilih ‘Use DNS

Pada tab ‘Freenom DNS Service‘, isi kolom IP Address dengan IP dari website kamu. Untuk melihat berapa IP website yang kamu punya, log in ke cPanel website kamu dan lihat di bagian informasi.

daftar domain gratis
Sebagai contoh: IP Address website saya adalah 31.220.16.16

Kamu juga bisa menggunakan pointing Nameserver. Untuk melakukannya, pilih tab ‘Your own DNS‘ yang ada di form daftar domain gratis Freenom. Kemudian masukkan Nameserver website kamu ke kolom yang telah disediakan. Cukup masukkan 2 Nameserver saja.

daftar domain gratis

Apabila pengaturan DNS sudah dilakukan, kemudian pilih ‘Registration Lenght‘ menjadi 12 Months.

Pilih gambar yang dimaksud dalam form daftar domain gratis.

Kemudian klik ‘Register a Free Domain Now‘ yang ada di bagian bawah.

4. Registrasi akun Freenom.

Jika kamu sudah melengkapi semua informasi yang dibutuhkan untuk daftar domain gratis dari Freenom dan tidak ada error, kamu akan dibawa ke halaman untuk registrasi akun Freenom.

daftar domain gratis

Masukkan alamat email kamu untuk melakukan registrasi. Ikuti petunjuk yang diberikan sampai selesai. 

Jika kamu sudah melakukan verifikasi email, kamu bisa log in ke akun Freenom kamu dan melihat informasi domain gratis yang telah kamu daftarkan.

5. Log in ke dashboard Freenom.

Kamu bisa melihat informasi domain gratis kamu dengan mengklik tab Domains –> My Domains

daftar domain gratis

Akan muncul informasi domain yang telah berhasil kamu daftarkan. Untuk melihat informasi yang lebih detail, klik pada ‘Manage Domain‘.

daftar domain gratis

Lihat semua settingan yang ada. Pastikan bahwa Nameserver sudah benar.

Perlu diketahui bahwa apabila Nameserver yang kamu masukkan salah, kamu tidak akan bisa mengakses website kamu.

Tunggu beberapa saat sampai pointing Nameserver selesai. Proses ini biasanya membutuhkan waktu paling lama 24 jam. Tapi kadang-kadang tidak sampai 30 menit domain kita sudah bisa diakses.

Untuk mengetahui apakah pointing sudah berhasil atau belum, ketikkan alamat domain website kamu di browser. Apabila sudah muncul halaman awal, maka proses daftar domain gratis kamu telah selesai.

Apabila ada kesulitan dalam daftar domain gratis seperti yang telah dijelaskan diatas, tinggalkan komentar dibawah. Kami akan dengan senang hati membantu kamu. Semoga Bermanfaat!

Iklan

5 thoughts on “Daftar Domain Gratis Freenom – A Name for Everyone”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock