Beranda / Artikel Kesehatan / Cuci Muka Untuk Mencegah Jerawat

Cuci Muka Untuk Mencegah Jerawat

Mencegah Jerawat – Sudah diketahui bahwa salah satu cara mencegah jerawat muncul adalah dengan menjaga kebersihan wajah. Cara menjaga kebersihan wajah yang paling dasar adalah mencuci wajah yang harus dilakukan setiap hari. Kelihatannya sepele namun ada teknik khusus agar rutinitas mencuci wajah bisa memperoleh hasil yang optimal.

Cuci Muka Untuk Mencegah Jerawat

Berikut adalah langkah-langkah mencuci wajah yang diungkapkan oleh Dr. Lalan Melia

  1. Cuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan wajah. Gunakan air mengalir saat mencuci tangan, agar tidak ada kotoran yang tertinggal di tangan.
  2. Ambil susu pembersih (cleanser), tuang sedikit ke telapak tangan dan dengan jari telunjuk dan tengah tangan yang lain, diusap ke seluruh wajah.
  3. Ambil kapas untuk membersihkannya. Ini berguna untuk menghapus kotoran yang menempel di wajah, termasuk sisa-sisa make up.
  4. Basahi wajah sedikit dengan air, ambil sabun pencuci muka (facial wash) yang sesuai dengan jenis kulit (berminyak atau kulit kering) secukupnya. Sapu buih sabun pencuci muka ke wajah secara merata.
  5. Bilas wajah dengan air bersih. Bilas sampai tidak ada buih yang tertinggal. Keringkan wajah dengan handuk muka.
  6. Setelah itu gunakan toner pada wajah dengan menggunakan kapas secara merata ke seluruh wajah. Fungsi toner adalah untuk mengecilkan pori-pori dan mengencangkan kulit.
  7. Untuk langkah terakhir gunakan cream pagi atau cream malam setelah mencuci wajah agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, sebaiknya melakukan rutinitas cuci wajah ini sehari tiga kali yaitu pada pagi hari, siang hari dan malam hari sebelum tidur.

Dengan langkah-langkah mencuci wajah di atas, diharapkan kulit wajah tetap bersih dan sehat, sehingga bisa mencegah jerawat untuk muncul kembali.

 

Sumber

 

 

 

Tinggalkan Komentar