Beranda / Berita Smartphone / Cara Setting Aplikasi Open Camera
cara setting aplikasi open camera

Cara Setting Aplikasi Open Camera

Jika Anda berpikir bahwa aplikasi kamera bawaan smartphone Anda dapat melakukan banyak hal, Anda akan terkejut mengetahui bahwa dengan Android memungkinkan Anda berbuat lebih banyak dengan Camera2 API. Sayangnya, Anda harus mendownload aplikasi pihak ketiga untuk sepenuhnya memaksimalkan fitur-fitur yang dimiliki oleh kamera smartphone Anda. Salah satu aplikasi kamera pihak ketiga untuk Android adalah Open Camera. Akan tetapi untuk mendapatkan hasil jepretan yang bagus Anda juga harus melakukan setting pada aplikasi ini. Lalu bagaimana cara setting aplikasi Open Camera untuk mendapatkan hasil gambar yang maksimal?

Open Camera adalah salah satu aplikasi kamera pihak ketiga yang sepenuhnya gratis. Aplikasi ini tidak memiliki iklan dan dapat digunakan tanpa pembelian dalam aplikasi. Jadi apa yang dapat Anda lakukan dengan Open Camera yang tidak dapat dilakukan pada kamera bawaan smartphone Anda? Mari kita ulas dalam bahasan kali ini.

Cara Setting Aplikasi Open Camera

cara setting aplikasi open camera

Stabilisasi Kamera

Saat Anda merekam video setiap hari, Anda akan beruntung jika memiliki perangkat yang memiliki stabilisasi gambar bawaan. Untuk sekarang, ini adalah fitur yang disediakan hanya di perangkat unggulan teratas. Open Camera secara cerdik mengimplementasikan stabilisasi kamera dengan menggunakan accelerometer untuk menunjukkan kepada Anda sudut kemiringan kamera. Anda dapat menggunakan level virtual ini untuk menyesuaikan genggaman Anda sehingga foto dan video yang Anda ambil memiliki level yang sempurna. Untuk menggunakannya, cukup buka Open Camera dan cari bacaan di sudut kiri bawah layar.

Mendeteksi wajah dan bukan objek

Anda dapat mengaktifkan deteksi wajah dalam menu pengaturan dan membiarkan kamera fokus pada wajah yang dikenali dalam bingkai daripada harus memilih titik fokus secara manual. Ini menjadikan lebih mudah untuk memotret dan tidak perlu khawatir orang tersebut tidak fokus pada kamera.

Baca Juga:  Cara Membuat Kamera HP Seperti DSLR

Gunakan tombol volume untuk mengambil gambar

Open Camera memungkinkan Anda menyesuaikan tombol volume untuk melakukan berbagai fungsi saat menggunakan aplikasi. Anda dapat mengaturnya dengan pergi ke Pengaturan > kontrol kamera lainnya dan mengatur perilaku untuk tombol volume. Tombol volume dapat digunakan untuk mengambil foto, mengganti rekaman video, mengatur fokus, memperbesar / memperkecil, mengubah level pencahayaan dan mengaktifkan stabilisasi otomatis. Jadi manfaatkan aplikasi dengan kontrol volume untuk mengambil gambar yang lebih baik dan lebih cepat.

Kontrol kamera Anda dengan suara Anda

Anda dapat mengatur kamera agar secara otomatis mengambil gambar atau mulai merekam video saat Anda mengucapkan kata pemicu seperti “cheese” atau mengaturnya untuk memberikan respon suara bising. Ini merupakan cara setting aplikasi Open Camera yang sangat berguna ketika mencoba untuk mengambil foto selfie dengan orang banyak.

Sesuaikan sensitivitas audio

Tidak semua lingkungan tempat Anda merekam video sama, beberapa mungkin lebih berisik daripada yang lain. Kecuali jika microphone ponsel Anda beradaptasi secara otomatis, Anda akan dibiarkan dengan rekaman audio yang sangat bising. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat secara manual menyesuaikan sensitivitas mikrofon agar paling sesuai dengan lingkungan tempat Anda merekam. Buka opsi kontrol Audio untuk menambah atau mengurangi sensitivitas.

Mengunci orientasi foto / video

Saat Anda merekam video, netizen akan banyak yang komplain jika Anda merekamnya dalam potret. Jika Anda memiliki masalah dengan orientasi saat memutar perangkat Anda, Anda dapat mengunci orientasi ke landscape terlepas dari bagaimana setting orientasi perangkat. Atau Anda selalu dapat merekam dalam mode potret dan menunggu teriakan dari netizen. Atur orientasi di bawah “Kontrol kamera lainnya” dalam pengaturan. Ini merupakan cara setting aplikasi Open Camera yang sangat berguna ketika Anda mengambil video untuk durasi yang panjang.

Simpan foto Anda di tempat yang Anda inginkan

Jika Anda salah satu yang beruntung yang berhasil membeli ponsel yang bagus dengan slot kartu memori, Anda dapat memanfaatkan peningkatan penyimpanan dengan mengatur Open Camera untuk menyimpan foto ke penyimpanan eksternal. Ini dapat menghemat ruang di ponsel Anda untuk konten lain. Anda dapat mengubah “Simpan lokasi” ke folder mana saja di ponsel yang memiliki akses tulis aplikasi. Anda juga dapat menyesuaikan nama file yang Open Camera simpan di ponsel Anda dengan menggunakan awalan. Tambahkan awalan untuk video atau file foto secara terpisah dan Anda dapat membuat hidup Anda sedikit lebih mudah dengan mengurangi frekuensi sesi pengorganisasian foto secara manual.

Baca Juga:  Tingkatan Prosesor HP Qualcomm Snapdragon

Tandai foto dan video Anda berdasarkan kapan Anda mengambilnya

Anda dapat menambahkan catatan pada foto dan video dengan tanggal dan waktu dan bahkan menanamkan informasi lokasi jika izin diberikan. Ini akan membantu Anda membuat katalog foto dengan lebih baik dan mengingat konteks foto Anda ketika Anda mengenang momen berharga Anda. Tambahkan cap waktu dalam format apa pun yang Anda inginkan, tambahkan teks khusus dan bahkan sesuaikan gaya teks yang Anda tambahkan.

Kustomisasi tampilan layar saat menggunakan aplikasi

Cara setting aplikasi Open Camera yang perlu diperhatikan adalah pengaturan UI. Aplikasi kamera stok dapat memiliki UI yang membingungkan dan dapat menjadi konten agnostik ketika Anda datang ke antarmuka. Anda dapat mengontrol tata letak UI untuk orang-orang kidal dan beralih berbagai kontrol yang ditampilkan di layar. Buka Pengaturan> Di Layar GUI untuk bermain-main dengan UI.

Mode Burst

Mode burst memungkinkan Anda mengambil foto secara berurutan dengan cepat untuk menangkap memori yang terlalu cepat untuk dibingkai dan menyusun gambar. Anda dapat mengatur berapa banyak foto yang diambil ponsel saat Anda memicu mode burst. Anda beralih dari 2 menjadi 10 dan bahkan mengaturnya untuk mengklik foto selama Anda menahan tombol shutter. Gunakan mode burst dengan sangat hati-hati. Mengambil begitu banyak foto dapat mengisi penyimpanan ponsel Anda dengan cepat.

cara setting aplikasi open camera

Open Camera hadir dengan lebih banyak fitur daripada kamera stok bawaan dan sangat berguna bagi pengguna yang ingin kontrol penuh atas pengambilan foto. Cara setting aplikasi Open Camera mungkin akan terlihat ribet bagi sebagian orang. Seperti aplikasi kamera pihak ketiga lainnya, Anda dapat secara manual mengontrol pencahayaan, ISO, resolusi, kecepatan bingkai, timer, efek warna, mode pemandangan, HDR, flash dan white balance. Perhatikan bahwa aplikasi mungkin tidak didukung pada semua ponsel karena bergantung pada API Kamera terbaru Google. Periksa apakah ponsel Anda menjalankan versi Android terbaru yang tersedia dan perbarui Layanan Google Anda untuk penggunaan yang optimal.

Tinggalkan Komentar