Bagi kalian yang suka mengutak-atik HP Android tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan kata “root”. Dengan melakukan root pada HP Android, kalian dapat memaksimalkan fungsi HP Android dengan maksimal serta mendapatkan banyak keuntungan. Bagaimana cara root HP Android ini? Bagi kalian yang masih awam tentu merasa khawatir dan bingung darimana untuk memulainya. Karena jika terjadi kesalahan pada saat proses root HP Android ini, akan mengakibatkan HP Android kalian tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Bisa dipastikan jika kalian sukses untuk melakukan root pada HP Android yang kalian miliki, kalian bisa menginstal beberapa aplikasi yang dapat menjadikan HP Android kalian memiliki performa yang lebih dibandingkan HP Android yang tidak dilakukan root. Cara root HP Android dapat dilakukan dengan menggunakan PC dan juga tanpa menggunakan PC atau menggunakan aplikasi apk. Biasanya untuk melakukan proses rooting pada HP Android diperlukan bootloader yang sudah unlock.

Cara Root HP Android

Apa Itu Root

Android merupakan salah satu sistem operasi open source. Hal ini menyebabkan Android mudah dan gampang dalam proses pengembangan serta kustomisasi oleh penggunanya. salah satu bentuk dari kustomisasi ini adalah root. Dengan proses rooting ini, maka pengguna akan diberikan hak akses yang tidak terbatas dalam sistem operasi Android.

Hak akses yang tidak terbatas ini biasanya disebut dengan “superuser”. Pengguna sistem operasi Android yang memiliki hak superuser ini akan dapat melakukan modifikasi pada sistem operasi dimana modifikasi ini tidak dapat dilakukan oleh pengguna yang perangkatnya tidak di root. Oleh karena itu, jika kalian ingin mendapatkan hak superuser, kalian harus tau cara root HP Android.

Keuntungan Root HP Android

JIka kalian sudah berhasil melakukan rooting pada HP Android kalian, ada beberapa keuntungan yang bisa kalian dapatkan selain memiliki hak superuser. Kalian dapat melakukan overclock pada CPU sehingga HP Android kalian bisa memiliki performa yang lebih. Aplikasi bawaan HP juga bisa kalian hapus atau uninstall sehingga bisa mengurangi konsumsi memori HP. Kalian dapat menginstall aplikasi-aplikasi dimana aplikasi tersebut hanya bisa diinstal jika HP kalian sudah dalam kondisi berhasil root. Yang paling keren adalah kalian dapat mengubah tampilan HP dengan menggunakan Custom ROM yang telah disediakan oleh pengembang sesuai dengan tipe HP Android yang kalian miliki.

Kerugian Root HP Android

Perlu diperhatikan bahwa jika kalian telah berhasil melakukan root pada HP yang kalian miliki, ada beberapa konsekuensi yang harus diperhatikan. Konsekuensi pertama yang harus kalian perhatikan sebelum melakukan root adalah bahwa HP kalian akan hilang garansinya. Jadi pastikan terlebih dahulu apakah garansi HP kalian masih berlaku atau sudah habis sebelum melakukan rooting. Selain itu proses modifikasi yang terlalu berlebihan akan menjadikan performa HP kalian menurun. Yang paling bahaya adalah jika gagal atau terjadi kesalahan saat melakukan proses rooting, HP kalian bisa jadi akan gagal booting sehingga HP kalian tidak akan bisa digunakan. Oleh karena itu, cara root HP Android perlu kalian cermati agar tidak terjadi kesalahan.

Baca Juga:
VPN Gratis Android Tercepat

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi KingRoot

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi KingRoot

Cara root HP Android pertama adalah menggunakan aplikasi KingRoot. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi root HP Android tanpa PC yang bisa kalian gunakan. KingRoot telah mendukung lebih dari 100.000 tipe HP smartphone yang bisa dilakukan root dengan menggunakan aplikasi ini.

  1. Sebelum mulai download aplikasi KingRoot, pastikan bahwa HP kalian sudah diijinkan untuk melakukan instalasi aplikasi dari pihak ketiga. Masuk ke menu Setting → Security → kemudian centang “Unknown Sources” untuk mengijinkan instalasi aplikasi dari pihak ketiga.
  2. Gunakan browser pada HP untuk mendownload aplikasi KingRoot pada alamat website resmi KingRoot. Kemudian pilih “Unduh untuk Android”. Pada saat proses download, biasanya akan muncul peringatan “Jenis file ini dapat membahayakan perangkat Anda”. Lanjutkan saja dengan memilih “OK”.
  3. Setelah proses download selesai, klik pada file aplikasi KingRoot yang telah didownload tadi untuk memulai instalasi. Pada proses ini biasanya terjadi pemblokiran, hal ini wajar karena Sistem menganggap aplikasi ini berbahaya. Pilih “Tetap pasang (tidak aman)” untuk melanjutkan instalasi.
  4. Setelah proses instalasi selesai, pilih tombol Buka atau Luncurkan untuk mulai menggunakan aplikasi KingRoot. Klik “Coba Ini” untuk melihat apakah HP kalian telah di root atau belum. Setelah itu pilih “Get Now” untuk memulai rooting HP Android. Jangan khawatir jika pada saat rooting HP akan melakukan reboot dengan sendirinya. Setelah proses rooting selesai, HP akan kembali ke tampilan utama KingRoot.
  5. Masuk ke Google Play Store, kemudian cari dan install aplikasi “Root Checker”. Kemudian buka aplikasi tersebut untuk memastikan status HP kalian telah berhasil di root atau tidak. Jika status sukses, berarti HP Android kalian telah berhasil di root.

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi FramaRoot

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi FramaRoot

Jika cara root HP Android dengan menggunakan KingRoot tersebut diatas gagal, maka kalian bisa mencoba root HP Android dengan menggunakan aplikasi FramaRoot. Kebanyakan HP smartphone yang didukung oleh FramaRoot adalah yang menggunakan chipset Mediatek.

  1. Pastikan kalian sudah menginstall aplikasi ini di handphone kalian. Untuk download dapat dilakukan dengan membuka situs ini.
  2. Setelah berhasil didownload, kemudian install. Pilih Super SU atau Superuser.
  3. Jika kalian sudah memilih, maka akan ada pilihan lagi. Antara “Aragorn” dan “Gandalf”, disarankan untuk memilih Gandalf.
  4. Jika berhasil, restart HP kalian.

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi KingoRoot

Cara Root HP Android Dengan Aplikasi KingRoot

Jika semua cara root HP Android diatas gagal, kalian dapat menggunakan aplikasi KingoRoot. KingoRoot merupakan aplikasi untuk rooting HP Android termudah dan tercepat untuk hampir semua perangkat smartphone dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi.

  1. Pastikan kalian sudah menginstall aplikasi KingoRoot ini di handphone kalian. Untuk download dapat dilakukan dengan membuka situs ini.
  2. Buka aplikasi KingoRoot yang sudah berhasil di download kemudian install.
  3. Buka aplikasinya kemudian klik tombol “One Click Root” yang ada pada aplikasi ini. Lalu tunggu hasilnya.

Baca Juga:
HP Dengan NFC 2018 Terbaik

Jika semua cara root HP Android tanpa PC tersebut diatas gagal semua, maka opsi terakhir adalah kalian harus melakukan rooting dengan menggunakan PC. Untuk proses rooting menggunakan PC mungkin bagi kalian yang pertama kali melakukan akan terlihat ribet. Karena ada beberapa hal yang harus kalian lakukan terlebih dahulu. Seperti harus melakukan unlock bootloader pada HP. Kemudian memasang custom recovery seperti TWRP. Dan yang terakhir adalah melakukan flashing file SuperSU atau Magisk agar HP kalian berhasil di root.

Proses kegagalan dari cara root HP Android kebanyakan adalah dikarenakan adanya implementasi keamanan dari pabrikan smartphone dan juga update keamanan dari Google. Sehingga hal ini menyebabkan aplikasi untuk rooting mengalami kesulitan pada saat proses eksploitasi untuk mendapatkan hak superuser.

Tinggalkan Komentar