Cara Merubah DNS Server pada Windows

Cara Merubah DNS Server pada Windows

Merubah DNS server pada Windows berarti merubah bagaimana  Windows berkomunikasi dengan server dengan merubah hostname sebuah website menjadi alamat IP.

DNS biasanya menjadi permasalahan dalam internet sehingga mencoba merubah DNS server dengan DNS lain yang berbeda dapat membantu dalam proses troubleshooting pada Windows.

Selain itu, merubah DNS server juga dapat membuka beberapa website yang diblokir oleh ISP. Jika anda ingin mengunjungi website tertentu dan ternyata website tersebut diblokir oleh ISP yang anda gunakan, mungkin masalah tersebut dapat diatasi dengan cara merubah DNS server yang secara otomatis diberikan oleh provider ISP anda dengan layanan DNS gratis.

Ikuti langkah berikut untuk merubah DNS server pada Windows:

  1. Buka Control Panel yang ada pada Windows
  2. Jika Control Panel sudah terbuka, klik Network and Internet
  3. Pada jendela Network and Internet yang terbuka, klik Network and Sharing Center
  4. Lihat pada margin sebelah kiri, klik Change adapter settings
  5. Pada jendela Network Connections yang sedang aktif, cari dan klik kanan pada koneksi yang anda ingin merubah DNS servernya kemudian pilih Properties
  6. Klik pada tab Networking yang ada di jendela Properties
  7. Klik pada Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) yang ada pada list
  8. Klik tombol Properties
  9. Pilih Use the following DNS server addresses
  10. Masukkan DNS server yang diinginkan
  11. Klik OK untuk memastikan perubahan DNS
  12. Klik OK pada Properties dan tutup jendela lain yang masih aktif
  13. Tes bahwa DNS server dapat bekerja dengan baik dengan cara mengunjungi website tertentu. Apabila halaman website dapat terbuka dengan lancar, berarti DNS server yang anda masukkan telah bekerja.

Itulah bagaimana cara merubah DNS server pada Windows. Cara merubah DNS server pada Windows Vista/7/8/8.1 hampir sama. Anda tinggal mengikuti langkah diatas. Jika mengalami kesulitan, berikan komentar dibawah.

tamtowild.com

tamtowild.com merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget HP Android serta informasi harga dan spesifikasi HP Android terbaru dan terupdate.

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock