Beranda / Tutorial Blog / Cara Menonaktifkan Plugin WordPress dengan FTP

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress dengan FTP

Menonaktifkan Plugin WordPress – Suatu ketika anda sedang mengutak-atik situs WordPress anda dan kemudian tidak bisa masuk ke dalam Admin panel pasti anda akan panik. Jika anda pernah mengalami white screen death, maka anda pasti tahu apa yang sedang kita bicarakan ini. Salah satu penyebab dari masalah itu adalah plugin yang anda install. Dan untuk mengatasi hal itu adalah dengan menonaktifkan plugin WordPress situs anda. Pada artikel kali ini, kita akan membahas bagaimana cara mononaktifkan plugin WordPress dengan FTP ketika kita tidak bisa masuk ke dalam Admin panel.

menonaktifkan plugin wordpress

Selain melalui FTP, ada juga cara lain yang lebih rumit yaitu melalui phpMyAdmin.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress

1. Menonaktifkan plugin WordPress dengan FTP

Metode ini membutuhkan FTP atau file manager yang dimiliki penyedia layanan hosting anda. Arahkan ke folder wp-content. Anda akan melihat sebuah folder dengan nama plugins. Rename folder plugins dengan apapun yang anda suka, misal plugin.deactivate. setelah anda melakukan hal ini, semua plugin yang terinstall di situs WordPress anda akan mati.

Jika masalah anda tidak bisa masuk ke Admin panel disebabkan karena error pada plugin, maka dengan melakukan hal ini seharusnya sudah bisa masuk ke Admin panel WordPress. Jika anda sudah bisa login ke Admin panel, rename folder plugin.deactivate menjadi plugin. Sekarang anda bisa mengaktifkan plugin satu persatu sampai anda mengetahui plugin mana yang menjadi masalah.

2. Menonaktifkan plugin WordPress dengan phpMyAdmin

Metode FTP adalah yang paling mudah, tapi anda juga bisa menonaktifkan plugin WordPress dengan phpMyAdmin. Jika anda tidak familiar dengan phpMyAdmin, kami sarankan menggunakan metode FTP di atas.

Di database WordPress anda, masuk ke tabel wp_options. Temukan nama option “active_plugins”. Sekarang edit valuenya dan ganti dengan ini: a:0:{}

Itulah cara menonaktifkan plugin WordPress dengan FTP dan phpMyAdmin apabila anda tidak bisa masuk ke Admin panel. Semoga artikel ini bisa membantu mengatasi masalah yang terjadi pada situs WordPress anda.

 

Satu komentar

  1. Akhirnya… masalahku selesai juga mas, makasiiihhh banyak tutornya membantu. Setelah beberapa hari tdk bisa login krn ulah salah satu plugin yg abiz update, mungkin scriptnya masih cacad dr penciptanya jd nutupin login. Makasiiiihh…banget. Terus berkarya mas

Tinggalkan Komentar