Beranda / Tutorial Blog / Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan 3 Cara Mudah

Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan 3 Cara Mudah

Meningkatkan Trafik Blog – Sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan trafik blog, yang jadi masalah adalah bagaimana meningkatkan trafik blog dengan mudah dan tanpa memakan banyak waktu.

Cara Meningkatkan Trafik Blog

Salah satu cara yang sering digunakan untuk meningkatkan trafik blog mungkin dengan menulis komentar 5 kali sehari di blog-blog besar. Tapi hal ini juga memakan waktu. Pertimbangkan waktu yang diperlukan untuk menulis komentar-komentar yang berkualitas (tidak one-liner) serta mencari blog yang akan dikomentari. Hasilnya? mungkin tidak sesuai dengan harapan.

Di artikel kali ini akan dibahas 3 cara mudah untuk meningkatkan trafik blog berdasarkan isi atau konten yang dipublikasikan di dalam blog. Tidak menggunakan media sosial, guest posting, dan komentar-komentar ke blog lain.

Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog

1. Meningkatkan trafik blog dengan sering posting artikel

Sering atau tidaknya kamu posting artikel akan mempengaruhi trafik blog. Hal ini sudah diketahui sejak jaman dulu. Semakin sering kamu posting artikel, akan meningkatkan trafik blog kamu  secara drastis.

Cara Meningkatkan Trafik Blog

Posting 2 kali seminggu akan membuat trafik blog naik 50% ketimbang posting 1 kali seminggu.

Posting 5 kali seminggu akan membuat trafik blog naik 80% ketimbang posting 1 kali seminggu.

Jika tiap hari selama seminggu melakukan posting, trafik blok naik 100%. Tapi capek harus nulis tiap hari.

Perlu diketahui juga, bahwa posting satu kali seminggu tidak akan jauh beda hasilnya dengan posting dua minggu satu kali.

Mau pilih yang mana? Nulis artikel seminggu 2 kali atau 5 kali?  Kalau gak ada waktu, satu artikel tiap dua minggu sudah cukup. Soalnya satu artikel tiap satu minggu gak jauh beda hasilnya sama satu artikel tiap dua minggu.

2. Meningkatkan trafik blog dengan menulis artikel yang panjang

Kenyataannya, 10 ranking teratas di Google untuk semua keyword adalah blog dengan postingan artikel yang rata-rata mempunyai 2000 lebih kata.

Cara Meningkatkan Trafik Blog

Ingat! jangan menulis artikel yang panjang tapi kosong. Isinya gak jelas dan gak informatif. Bikin yang baca tambah pusing.

Untuk menulis artikel dengan 2000 lebih kata kira-kira membutuhkan waktu 2 jam, paling lama 4 jam jika ingin membuat artikel yang bagus dan menarik. Termasuk writing dan editingnya juga. Jika ingin menulis artikel yang panjang, lakukan di hari sabtu atau minggu. Untuk hari-hari biasa, posting aja artikel yang gak terlalu panjang tapi informatif.  Atau artikel pendek yang menjelaskan secara lebih detail salah satu poin yang ada di artikel yang panjang.

3. Meningkatkan trafik blog dengan menaruh konten multimedia

Dapatkan 94% lebih kunjungan hanya dengan memasukkan gambar yang relevan dengan isi artikel. Gampang, gak sulit!

Cara Meningkatkan Trafik Blog

Mulai sekarang jika kamu menulis artikel di blog, jangan sampai lupa untuk masukin gambar-gambar yang relevan. Hal ini bisa meningkatkan trafik blog menjadi 2 kali lipat kurang dari 5 menit. Gunakan teks alternatif “Alt” juga pada gambar. Isi “Alt” dengan judul artikel. Biasanya kita sering lupa ngasih “Alt” ketika masukin gambar ke artikel. Padahal ini berdampak besar terhadap SEO. Kenapa? karena search engine like Google gak bisa ngebaca file gambar, maka dari itu kita perlu ngasih teks alternatif “Alt” agar gambar yang kita masukin di artikel bisa dipahami oleh Google.

Itu saja sih cara meningkatkan trafik blog dengan mudah tanpa ini-itu komen sana-komen sini (meskipun backlink penting juga  :mrgreen: ). Tapi lebih penting posting artikel sesering mungkin secara berkala. Jangan posting artikel 5 kali selama seminggu. Kemudian tidak menulis apa-apa selama satu bulan “___” . Tinggalkan komentar ya jika pengen!

 

Sumber: blog-growth.com

 

 

 

Tinggalkan Komentar