Beranda / Kumpulan Tutorial / Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome
cara mengurangi penggunaan ram pada google chrome

Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

Saat ini Google telah berhasil menguasai Internet. Terdapat lebih dari seratus produk yang ditawarkan oleh Google. Salah satu produknya yang terkenal saat ini adalah browser Google Chrome. Merupakan salah satu browser internet yang paling populer di semua platform dan OS. Cepat dan simpel merupakan salah satu kelebihan dari browser ini. Akan tetapi salah satu masalah yang dimiliki yaitu konsumsi RAM yang besar. Banyak pengguna browser ini yang merasa kesal akan hal ini. Perangkat yang memiliki RAM kecil tentu akan mengalami lag jika menggunakan Google Chrome. Multitasking dipastikan tidak akan bisa dengan banyak tab di Google Chrome. Karenanya, banyak pengguna yang mencari cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome.

Advertisements

Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome. Dengan cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome di bawah ini, diharapkan perangkat komputer yang kalian gunakan tidak akan mengalami lag atau crash saat sedang browsing di internet. 

Bagaimana Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

 

Mengapa Google Chrome mengkonsumsi banyak RAM?

Google Chrome mengkonsumsi banyak RAM dikarenakan menyimpan setiap tab, setiap ekstensi, sebagaimana plugin sebagai proses yang berbeda pada RAM. Hal ini disebut dengan proses isolasi. Proses isolasi ini dilakukan untuk meningkatkan kecepatan dan stabilitas browser. Beberapa proses tertentu untuk setiap elemen perlu untuk dihentikan. Meskipun satu elemen mengalami crash, sisanya tetap bekerja secara stabil. Efek negatif dari hal tersebut adalah konsumsi RAM yang tinggi dan juga konsumsi sumber daya prosesor yang meningkat.

 

Cara Mengurangi Penggunaan RAM Pada Google Chrome

Dibawah ini adalah dua metode yang dapat kalian gunakan untuk mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome. Ikuti langkah dibawah dengan teliti untuk meningkatkan performa komputer/PC saat sedang menggunakan Google Chrome untuk browsing di internet.

Metode 1: Chrome Task Manager

cara mengurangi penggunaan ram pada google chrome

Banyak pengguna Google Chrome tidak tahu bahwa terdapat task manager yang dibuat dalam Google Chrome ini. Fungsinya adalah untuk menghandel proses yang dijalankan oleh Google Chrome. Berikut cara mengaksesnya:

Windows : “Shift +Esc”
MAC : “Windows Menu”

Catatan: Gunakan pada saat sedang membuka Google Chrome

Dari sini kalian dapat menghentikan proses yang tidak perlu dan mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome.

 

Metode 2: Tab Discarding

Advertisements

cara mengurangi penggunaan ram pada google chrome

Metode ini membutuhkan sedikit keahlian dan kecermatan. Yang akan dilakukan oleh pengaturan ini adalah menghilangkan tab yang tidak digunakan oleh pengguna sehingga bisa mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome.

Untuk mengaktifkan Tab Discarding ini, ikuti langkah berikut:

Pada bagian address bar, ketikkan “chrome://flags/#enable-tab-discarding” dan tekan Enter

Klik “Enable” dibawah entry untuk “Enable Tab Discarding”

 

Itulah dua cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome. Bagi kalian yang sedang mencari cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome, dapat menggunakan referensi di atas. Apabila ada cara mengurangi penggunaan RAM pada Google Chrome lainnya yang lebih praktis dan efisien, mention melalui komentar di bawah ya. Baca juga artikel menarik lainnya seperti game strategi perang offline hanya di tamtowild.com

Kasih Jempol Yuk Gan!!!

Jempol

User Rating: 3.95 ( 1 votes)

Baca Juga Artikel Ini Yuk!

Tempat Wisata Romantis di Korea Selatan

Tempat Wisata Romantis di Korea Selatan

Jika kalian merencanakan untuk berlibur ke Korea dalam waktu dekat ini bersama dengan pasangan kalian. …

2 Komentar

  1. Artikel cara mengurangi penggunaan ram pada google chrome yang sangat bermanfaat. Sepertinya yang paling berpengaruh yaitu ekstensi deh min kalau mnurut gw. Google chrome ane gw install banyak ekstensi malah jadi lemot.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.