Beranda / Artikel Kesehatan / Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam
Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam

Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam – Produksi kelenjar minyak yang berlebihan di kulit bisa menyebabkan wajah menjadi lengket dan mengkilap. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat karena pori-pori mudah tersumbat. Tetapi kondisi tersebut bukannya tidak bisa dihindari, dengan cara yang tepat kita bisa mengendalikan produksi kelenjar minyak yang ada di wajah.

Jenis kulit seseorang ditentukan oleh faktor genetik dan juga hormonal sehingga kita tidak bisa mengubahnya. Ada beberapa faktor penyebab kulit berminyak, antara lain:

Siklus menstruasi
Setiap bulannya tubuh akan melalui siklus reguler produksi hormon. Fluktuasi hormon ini dapat merangsang peningkatan kelenjar minyak sehingga pada saat PMS biasanya jerawat bermunculan.

Stres
Peningkatan kelenjar minyak dalam tubuh dapat diakibatkan oleh tekanan emosional dan fisik.

Penyumbatan pori-pori akibat kosmetik
Make up yang tebal dapat menjebak minyak dan memperburuk proses pelepasan oksigen lewat pori-pori. Jika wajah ditutup make up setiap hari tanpa ada jeda kulit wajah untuk bernapas, kelenjar minyak dalam tubuh akan meningkat.

Untuk mengatasi kulit wajah yang berminyak, Anda bisa melakukan langkah sebagai berikut:

Tips Cara Mengatasi Kulit Berminyak dan Kusam

  1. Jangan mencuci wajah berlebihan
    Mencuci wajah secara berlebihan bukanlah solusi untuk kulit berminyak. Sebab, cara ini bisa membuat minyak asli yang melindungi wajah dari kuman dan iritasi dapat hilang karena terlalu banyak dibasuh. Hal ini membuat kulit wajah Anda jadi lebih rentan terhadap jerawat dan masalah lainnya.
  2. Jangan gunakan pembersih wajah yang mengandung susu
    Menggunakan pembersih yang mengandung susu malah akan menambah masalah pada kulit wajah berminyak.
  3. Gunakan produk perawatan wajah yang mengandung salicylid acid
    Produk yang mengandung salicylid acid mampu menembus pori-pori kulit dan membersihkan kulit yang cenderung berminyak.
  4. Gunakan retinoid pada malam hari
    Menggunakan retinoid pada malam hari membantu menekan jumlah minyak pada wajah. Biasanya, produk yang mengandung retinoid baik digunakan saat malam hari. Tujuannya ialah agar saat pagi hari wajah tak mengilap karena minyak berlebih.
  5. Menggunakan kertas minyak
    Kertas minyak berguna saat Anda menjalani aktivitas yang padat pada siang hari. Pilihlah kertas minyak yang memiliki daya serap tinggi agar tak perlu repot menekan wajah Anda dengan berlembar-lembar kertas minyak.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam mengatasi masalah kulit wajah yang berminyak, pastikan Anda melakukan secara rutin tips cara mengatasi kulit berminyak dan kusam diatas. Baca juga artikel menarik lainnya seperti Jerawat dan Cara Menghilangkannya. Jagalah kebersihan untuk mendapatkan tubuh yang sehat!

Tinggalkan Komentar