Tutorial Blog

Mengatasi Error Establishing Database Connection

Mengatasi Error Establishing Database Connection WordPress – Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. Bagi seorang blogger pemula, hal ini pasti membuat panik dan frustasi terutama ketika error ini terjadi dengan sendirinya tanpa mengubah settingan apapun. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana mengatasi Error establishing database connection WordPress dengan mengumpulkan beberapa solusi yang ada.

Iklan

 

Mengapa Mendapatkan Pesan Error ini?

Singkatnya, anda mendapatkan pesan error ini karena WordPress tidak bisa membuat koneksi dengan database. Penyebabnya bermacam-macam. Bisa jadi login database anda salah atau telah berubah. Bisa jadi server database yang tidak responsiv. Bisa jadi database anda corrupt.

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan pengecekan apakah anda mendapatkan “error establishing a database connection” di front-end dan back-end (wp-admin) dari situs anda. Jika pesan error terjadi pada keduanya (front-end & back-end) maka anda perlu menuju ke langkah selanjutnya. Jika anda mendapatkan pesan error di wp-admin “One or more database tables are unavailable. The database may need to be repaired”, maka anda perlu melakukan perbaikan terhadap database.

Anda dapat melakukan hal ini dengan cara menambahkan perintah ini ke dalam file wp-config.php  yang ada di root direktori situs anda:

define('WP_ALLOW_REPAIR', true);

Jika sudah dilakukan, anda dapat melihat settingan dengan cara menuju ke halaman ini:

https://www.situsanda.com/wp-admin/maint/repair.php

 

 

Perlu diingat, user tidak perlu melakukan login untuk mengakses setting ini ketika perintah define di atas ditambahkan. Jadi, ketika anda sudah selesai melakukan perbaikan terhadap database situs anda, pastikan anda menghapus perintah define tadi.

Anda juga bisa melakukan perbaikan database dengan cara login ke cPanel hosting anda. Kemudian masuk ke database MySQL dan pilih database yang akan diperbaiki. Dan klik perintah untuh memperbaiki database.

Jika metode perbaikan di atas tidak berhasil, bacalah beberapa solusi selanjutnya dibawah.

Cara Mengatasi Error Establishing Database Connection WordPress

1. Periksa File WP-Config

Jika anda mengubah password  atau database user, maka anda perlu untuk mengganti settingan yang ada di wp-config.php situs anda. Pastikan password database sama dengan yang baru.

define('DB_NAME', 'database-name');
define('DB_USER', 'database-username');
define('DB_PASSWORD', 'database-password');
define('DB_HOST', 'localhost');

Ingat bahwa DB_HOST tidak selalu localhost. Tergantung dari penyedia layanan hosting yang anda gunakan, nilainya akan berbeda. Untuk mengetahuinya, silahkan periksa di layanan hosting yang anda gunakan.

2. Periksa MySQL Web Hosting Anda

Seringkali anda akan melihat pesan Error establishing database connection ketika situs anda dihujani banyak traffic. Artinya, server hosting anda tidak mampu mengatasi lunjakan traffic ini. Sering terjadi pada shared hosting, terutama shared hosting yang gratis. jadi hal terbaik yang bisa anda lakukan adalah dengan menghubungi penyedia layanan hosting yang anda gunakan dan menanyakan apakah server MySQL bekerja.

Untuk yang ingin melakukan tes apakah server MySQL bekerja atau tidak, anda dapat melakukan tes dengan situs lain yang berada di server yang sama apakah mereka mengalami masalah error yang sama. Jika  mereka mengalami masalah error yang sama, maka dapat dipastikan bahwa server MySQL bermasalah. Jika anda tidak mempunyai situs lain, maka masuklah ke cPanel anda dan coba masuk ke phpMyAdmin dan koneksikan database. Jika anda tidak bisa terkoneksi ke database melalui phpMyAdmin, sekarang anda tahu bahwa ada masalah dengan server.

 

Untuk beberapa kasus, meskipun database sudah diperbaiki pesan error tetap muncul. hal ini bisa terjadi karena ada masalah dengan URL situs anda. Hal itu menyebabkan masalah error tetap tidak hilang. Solusinya, masuk ke SQL query melalui phpMyAdmin:

UPDATE wp_options SET option_value='YOUR_SITE_URL' WHERE option_name='siteurl'

pastikan untuk mengganti  YOUR_SITE_URL dengan url situs anda yang sekarang. Misal: https://www.situsanda.com

Apabila anda mempunyai cara yang lainnya terkait dengan mengatasi Error establishing database connection WordPress, jangan ragu untuk menuliskannya melaui komentar dibawah. Tips anda akan sangat membantu pembaca yang lainnya. Baca tutorial blog menarik lainnya di tamtowild.com

Iklan

Kasih Jempol Yuk Gan!!!

Jempol

User Rating: 3.95 ( 1 votes)

29 thoughts on “Mengatasi Error Establishing Database Connection”

  1. Masalah Error ini sangat menggangu, saya sudah coba komplen ka provider hosting tapi belum ada solusi. artikel ini sangat membantu, akan saya coba untuk mengatasi error database web saya. tks

  2. website saya juga sering muncul “Error Establishing Database Connection” pengunjung berkurang 70%, awalnya pihak hosting kasih tahu databasenya sudah tidak mampu dan saya disuruh ganti paket hosting sql server yang mahal banget.

    tapi saya tidak mau dan mereka saya desak untuk mengusutnya dengan alasan dulu pengunjung hingga 5000 perhari tidak ada masalah tapi sekarang dengan traffic turun banyak sekali bagaimana mungkin bisa muncul “Error Establishing Database Connection”.

    ternyata hasil investigasi IP webstie saya terblokir di spamhaus.org sebagai spam. setelah IP address di unblocki pesan “Error Establishing Database Connection” hilang..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock