Beranda / Tutorial Blog / Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets
Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets

Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets

Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets – Ingin foto kamu ditampilkan di halaman hasil pencarian Google untuk semua artikel yang telah kamu tulis? Dengan menampilkan foto kamu akan meningkatkan CTR (Click Through rate). Artikel kali ini akan menjelaskan secara lebih detail apa itu Google Author Rich Snippets dan bagaimana mengaktifkannya.

Google Author Rich Snippets

Google mengijinkan kamu untuk memberikan informasi tambahan pada artikel yang kamu tulis sehingga foto kamu akan ditampikan disamping artikel tersebut di halaman hasil pencarian.

Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets

Untuk mengaktifkan fitur ini memerlukan profil Google+. Selain itu juga akan menampilkan berapa banyak orang yang berada di circle Google+ kamu.

Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets

Ada beberapa hal yang perlu disiapkan untuk mengaktifkan fitur ini:

Profil Google+ – Pastikan kamu mengupload foto profil yang jelas dan mudah dikenali. Google akan menggunakan foto ini untuk ditampilkan di rich snippets.

Akses Blog – Kamu perlu melakukan sedikit modifikasi terhadap blog post atau tema blog.

Jika sudah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengedit profil Google+ kamu. Masuk ke “Contributor To”: klik disini untuk login dan edit. Jika sudah, masukkan alamat blog dimana kamu menulis artikel. Kamu bisa menambahkan alamat blog sebanyak mungkin. Dengan demikian Google bisa tahu bahwa yang menjadi author adalah kamu.

Dari sini, kamu perlu melakukan beberapa hal pada postingan blog. Melakukan link terhadap postingan blog dengan profil Google+ kamu. Ada banyak cara menampilkan Google Author Rich Snippets. Dua cara dibawah adalah yang paling mudah dan banyak digunakan.

 

Cara 1: On-Page Link

Kamu dapat melakukan link dengan profil Google+ dengan parameter “rel=author”.

1. Masuk ke profil Google+ dan copy alamat URL

2. Masukkan link URL profil Google+  kedalam postingan blog

3. Tambahkan “rel=author” pada akhir link URL Google+

4 Pastikan anchor teks adalah nama yang sama dengan nama yang ada di profil Google+

 

<a href=”URL profil Google+ rel=author”>Nama Kamu</a>

contoh:

<a href=”https://plus.google.com/114375754809146131820?rel=author”>Tamtowil Mustofa</a>

Cara 2: WordPress SEO by Yoast

Ini adalah cara menampilkan Google Author Rich Snippets yang paling mudah. Jika kamu menggunakan WordPress, kamu tidak perlu melakukan banyak hal. Cukup download WordPress SEO dan install di blog. Kemudian tambahkan URL profil Google+ kamu di menu user account. Plugin ini kemudian secara otomatis membuat kode authorship dan memasukkannya ke setiap post.

Cara Menampilkan Google Author Rich Snippets

Jika kamu sudah melakukan hal di atas, tunggu sampai Google melakukan update terhadap data postingan kamu. Jika belum yakin apakah sudah berhasil atau belum, kamu dapat melakukan test melalui Google Structured Data Testing Tool. Masukkan alamat blog yang ingin kamu tes. Jika Google menampilkan contoh example author rich snippets dengan alamat blog yang kamu masukkan tadi, kamu telah berhasil mengaktifkan Google Author Rich Snippets di blog kamu.

Itulah cara menampilkan Google Author Rich Snippets pada halaman hasil pencarian Google. Jika masih bingung dan punya pertanyaan, tinggalkan komentar  dibawah.

 

 

 

4 Komentar

  1. selamat sore mas bro, makasih informasinya saya jadi memahami setelah mbaca baca tulisan sampean yang di tulis di halaman blog ini. salam kenal dari sutopo

  2. Untuk penempatan kodenya bagaimana ya pak? khususnya untuk platform blogspot. Terimakasih

Tinggalkan Komentar