Beranda / Artikel Kesehatan / Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

Cara Memutihkan Kulit – Kamu punya kulit gelap dan ingin memutihkannya? Tidak usah perawatan yang mahal-mahal. Cukup Ikuti tips-tips cara memutihkan kulit secara alami seperti yang dilansir dalam merdeka.com berikut ini:

Cara Memutihkan Kulit Secara Alami

1. Tingkatkan asupan vitamin C

Memperbanyak asupan vitamin C dapat mencerahkan warna kulit dan juga melembutkan kulit. Ini akan membantu menjaga kulit kamu  tetap kuat dengan mempertahankan dukungan dasar struktur kolagen. Kamu dapat meningkatkan asupan vitamin C dengan mengkonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk, stroberi, paprika, tomat, melon, dan kacang hijau.

2. Makan lebih banyak vitamin A

Karena kulit pada dasarnya terdiri dari Retinol, yaitu Vitamin A, ini akan membantu menjaga kulit tetap sehat dan kuat. Makanan yang tinggi vitamin A seperti susu tanpa lemak, tiram, dan kuning telur. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin A dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi beta karoten, yang akan membantu meminimalkan efek kerusakan akibat sinar matahari pada kulit. Makanan yang kaya beta karoten seperti wortel, semangka, pepaya, tomat, dll.

3. Minimalkan ekspos terhadap sinar matahari dan polusi

Oleskan tabir surya dengan minimal SPF 15 setiap kali kamu keluar ruangan. UVA/UVB diketahui berbahaya bagi kesehatan kulit karena mereka dapat memperlambat kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mati. Polusi juga merupakan penyebab utama dari perubahan warna kulit, jerawat dan kusam.

4. Gunakan produk pencerah kulit dengan hati-hati

Produk pencerah kulit dengan hydroquinone atau asam kojic mengurangi jumlah melanin dalam kulit bila diterapkan. Ini cukup efektif, tetapi bahan kimia ini juga memiliki risiko tertentu. Produk pemutih kulit dikaitkan dengan tingkat racun merkuri, hati-hati dengan paparan sinar matahari saat menggunakan produk pemutih. Paparan sinar matahari yang berkepanjangan dapat menyebabkan kanker kulit. Selalu gunakan tabir surya dan perlindungan matahari lainnya saat terkena sinar matahari, produk pemutih dapat menyebabkan iritasi dan reaksi alergi pada beberapa orang.

5. Minum air

Minum 8-10 gelas air dalam sehari. Ini akan membantu menjauhkan kulit dari kekeringan.

6. Olahraga

Olahraga setiap hari selama 30-60 menit untuk membuat kulit tetap sehat. Hal ini akan membantu mengurangi stres dan mendetoksifikasi tubuh.

7. Gunakan lemon untuk mencerahkan warna kulit

Asam sitrat yang hadir dalam lemon dapat mempercantik kulit dan melawan radikal bebas, tetapi cara memutihkan kulit ini akan memakan waktu cukup lama. Peras lemon dan ambil airnya. Masukkan air lemon ke dalam botol semprot lalu semprotkan secara merata pada kulit.

Itulah cara memutihkan kulit dengan alami tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal-mahal. Jaga kulit kamu agar tetap sehat dan cerah!

 

Sumber: merdeka.com

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar