Beranda / Tutorial Blog / Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Mempercepat Loading Blog WordPress – WordPress merupakan platform yang sangat hebat dalam hal blogging. Tapi WordPress mempunyai satu kelemahan, yaitu biasanya loading halaman yang lambat. Mempunyai blog yang lambat tentu akan membuat pengunjung enggan untuk kembali.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

 

Mengapa Kecepatan Loading Blog Penting

Anda mungkin pernah mendengar hal ini sebelumnya, ketika seseorang membuka blog anda untuk yang pertama kali, anda hanya punya waktu beberapa detik untuk menarik perhatian mereka agar berselancar di blog anda lebih lama.

Jika anda menggunakan blog untuk berbisnis online, anda akan mengerti pentingnya branding, layout blog yang bagus, menaruh sesuatu yang penting di bagian atas, dan yang paling penting adalah bagaimana cara menarik pengunjung agar tetap tinggal. Tapi jika blog anda lambat untuk dibuka, anda mungkin akan kehilangan pelanggan sebelum anda mencoba berkomunikasi dengan mereka. Hanya dikarenakan blog yang loadingnya lama!

 Tidak hanya itu, sekarang Google telah memasukkan kecepatan website dalam algoritma mereka. Artinya kecepatan loading blog anda akan mempengarui SEO. Jadi jika blog anda lambat, anda tidak hanya akan kehilangan pengunjung, tapi juga akan menurunkan ranking blog anda di search engine.

Cara Mempercepat Loading Blog WordPress

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mempercepat loading blog WordPress. Kami telah mengumpulkannya dari berbagai sumber. Gunakan cara di bawah untuk mempercepat loading blog WordPress anda secara drastis.

1. Pilih Hosting yang Bagus

Pilihlah hosting yang sesuai dengan kebutuhan anda. Jika anda seorang pemula dalam hal blogging dan ingin membuat blog pribadi, anda dapat menggunakan hosting gratis yang banyak tersedia saat ini. Bila blog pribadi anda mempunyai banyak traffic, anda dapat mengupgrade akun gratis anda menjadi personal, premium, atau bisnis.

Bila anda ingin menggunakan hosting gratis, saya sarankan menggunakan hosting gratis dari IdHostinger.com. Merupakan penyedia hosting gratis terbaik di Indonesia saat ini. Anda juga dapat mengupgrade akun hosting gratis anda menjadi premium atau bisnis jika diperlukan.

Baca juga: Web Hosting Gratis Terbaik 2014

Tapi jika anda berkeinginan untuk membuat sebuah toko online yang mempunyai banyak traffic, gunakan layanan hosting premium atau bisnis. Menggunakan hosting premium atau bisnis akan mempercepat loading blog anda, selain itu anda juga akan tehindar dari masalah umum yang sering dialami oleh shared hosting gratis: kecepatan website yang sangat lambat dan sering terjadi down time ketika terjadi traffic tinggi.

Hosting Bisnis Murah Indonesia

Jika anda berkeinginan untuk membuat sesuatu yang hebat dengan blog anda seperti membuat toko online, berinvestasilah dengan menggunakan layanan hosting premium atau bisnis. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dari hosting personal.

2. Gunakan Tema Blog yang Cerah

Tema yang anda gunakan sangat mempengaruhi kepuasan pengunjung blog anda. Tema blog yang bersih dan terang akan lebih menarik pengunjung agar tetap tinggal di blog anda lebih lama daripada tema yang berlatar belakang gelap (dark theme).

Selain itu, jika anda menggunakan blog untuk memasang iklan PPC. Tema yang terang akan membuat iklan anda lebih mudah terlihat, hal ini akan memperbesar kesempatan iklan anda untuk di-klik oleh pengunjung blog anda. Semakin banyak iklan yang di-klik, semakin besar penghasilan anda.

Hal ini juga berlaku bagi website toko online. Gunakan tema yang berlatar belakan terang (putih), akan lebih menarik minat pengunjung. Produk anda juga akan telihat jelas dengan tema yang terang. Hal ini akan membuat pengunjung merasa nyaman ketika melihat produk-produk  yang anda tawarkan di toko online anda.

Jadi gunakanlah tema yang berlatar belakang cerah untuk blog atau toko online anda!

3. Gunakan Cache Plugin

Plugin WordPress sangatlah berguna, salah satunya adalah cache plugin. Plugin ini akan mempercepat loading blog WordPress anda secara drastis. Dan yang paling keren, kebanyakan dari cache plugin WordPress adalah gratis dan mudah untuk digunakan.

Salah satu favorit yang paling banyak digunakan adalah W3 Total Cache. Sangat direkomendasikan karena mempunyai semua fitur yang dibutuhkan untuk mempercepat loading blog WordPress anda serta mudah dalam proses install dan penggunaannya.

Baca juga: Tutorial W3 Total Cache untuk WordPress

4. Gunakanlah CDN (Content Delivery Network)

Semua blog besar yang sedang populer saat ini kebanyakan menggunakan CDN. Sederhananya, CDN mengambil semua file static yang ada di blog anda seperti CSS, JavaScript, Gambar, dll untuk disajikan kepada pengunjung blog anda secepat mungkin dengan menyajikannya melalui server CDN yang paling dekat dengan lokasi pengunjung yang mengakses blog anda. Hal ini akan mempercepat loading blog anda.

Banyak sekali penyedia layanan CDN di luar sana baik yang berbayar maupun yang gratis. Jika anda ingin menggunakan yang gratis, kami sarankan menggunakan CloudFlare.  CloudFlare memberikan layanan CDN gratis untuk blog anda. Bila anda puas terhadap layanan CDN yang diberikan dan ingin menggunakan fitur  lebih lanjut untuk mempercepat loading blog anda, upgrade akun gratis anda menjadi Pro atau Bisnis.

Baca juga: Tutorial CDN Gratis CloudFlare

5. Optimalkan File Gambar

Yahoo! mempunyai sebuah optimizer untuk file gambar yang disebut Smush.it yang akan mereduce ukuran file gambar anda secara drastis tanpa mengurangi kualitasnya.

Melakukan hal ini secara satu persatu akan sangat melelahkan. Untungnya ada plugin WordPress untuk melakukan hal ini. WP-Smushit plugin akan melakukan proses ini kesemua file gambar anda secara otomatis pada saat anda mengupload gambar ke blog. Pastikan untuk menginstalnya ke blog WordPress anda.

6. Optimalkan Halaman Homepage

Dibawah ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan agar halaman depan (homepage) blog anda cepat untuk dibuka. Mengapa mengoptimalkan halaman depan blog sangat penting? karena kebanyakan pengunjung akan sering membuka halaman ini. Berikut adalah tips untuk mempercepat loading blog homepage situs anda:

  • tampilkan excerpts ketimbang full post
  • kurangi jumlah post yang muncul di homepage (5 post cukup)
  • hilangkan widget yang tidak penting di homepage
  • hilangkan plugin dan widget yang tidak aktif
  • jaga agar homepage anda minimal tapi informatif

Secara keseluruhan, homepage yang bersih dan dengan desain yang minimal akan membantu blog anda terlihat bagus, tapi juga cepat dibuka.

7. Optimalkan Database

Anda dapat menggunakan Plugin WP-Optimize untuk mengoptimalkan database blog WordPress anda. Plugin ini membuat semuanya mudah: mengoptimalkan database (spam, revisi post, draft, tabel) untuk mengurangi beban yang berlebih di database anda. Hal ini penting dilakukan untuk mempercepat loading blog WordPress anda.

8. Matikan Hotlinking

Hotlinking adalah salah satu bentuk dari pencurian bandwidth. Hal ini terjadi ketika situs lain melakukan direct link terhadap gambar yang ada di situs anda dari artikel yang ada di blog mereka. Hal ini akan membuat server anda mempunyai beban loading yang tinggi. Untuk mematikan hotlinking, masuk ke cPanel hosting yang anda gunakan dan temukan menu untuk mematikan hotlinking.

9. Atur Image Gravatar

Ini bukan hal yang harus dilakukan. Tapi jika anda mematikan Gravatar akan mempercepat loading blog WordPress anda. Kebanyakan blog mendisable fitur ini.

Jika anda ingin mematikan fitur Gravatar, set default image yang ada di menu Settings > Discussion  admin panel WordPress anda. Kemudian hilangkan centang yang ada di Show Avatar .

Mematikan Gravatar WordPress

 

10. Gunakan LazyLoad Terhadap Gambar

LazyLoad adalah proses dimana hanya gambar yang terlihar oleh browser window pengunjung yang didownload. Ketika pengunjung menscroll down browsernya, gambar yang lain akan mulai didownload, sesaat sebelum gambar itu mulai terlihat.

Hal ini tidak hanya akan mempercepat loading blog anda, tapi juda dapat menghemat bandwidth dengan hanya meloading data yang diperlukan. Untuk melakukannya secara otomatis, instal plugin  jQuery Image LazyLoad.

11. Matikan Pingbacks dan Trackbacks

Secara defaut, WordPress berinteraksi dengan blog yang lain yang menggunakan fitur pingback dan trackback. Setiap blog lain yang mention blog anda, akan memberikan notifikasi di blog anda. Mematikan fitur ini tidak akan menghancurkan backlink ke blog anda. Untuk mematikannya masuk ke panel Settings > Discussion. Hilangkan centang yang ada di allow pingbacks and trackbacks.

Mematikan pingback dan trackback

 

Itulah beberap tips yang bisa anda praktekkan untuk mempercepat loading blog WordPress. Kesimpulannya jika anda mempunyai blog atau website dengan traffic yang tinggi jangan ragu untuk menggunakan hosting premium atau bisnis, gunakan layanan CDN untuk mempercepat delivery konten blog anda kepada pengunjung, Serta gunakan plugin WordPress terkait untuk mengoptimalkan blog anda. Jika ada pertanyaan atau anda punya tips lain untuk mempercepat loading blog WordPress, jangan sungkan untuk menuliskannya melalui komentar dibawah.

 

 

 

6 Komentar

  1. infomasinya bagus, sangat membantu saya mengalami masalah loading website yang lemot.
    terimakasih

  2. penjelasan di atas sangat berguna sekali untuk menghindari blog yang ditinggalkan pengunjung sebelum loading blog selesai. hmm.. amit-amit banget ya mas..??
    sukses buat admin… terima kasih artikelnya…

  3. Ijin copy mas untuk dipelajari … (bukan untuk di publish ulang)

  4. terima kasih banyak atas infonya, sangat bermanfaat

Tinggalkan Komentar