Beranda / Tutorial Blog / Cara Membuat Website Gratis WordPress Self-Hosted
cara membuat website gratis

Cara Membuat Website Gratis WordPress Self-Hosted

Cara Membuat Website Gratis – Memulai membuat website atau blog dapat membuat kamu bingung. Ketika memulai membuat website pertama saya, saya tidak tahu apa-apa tentang website atau blog. Saya terus mencari informasi tentang “cara membuat website gratis” di Google, akan tetapi semuanya memerlukan technical skill dan sulit untuk diikuti. Sekarang, saya telah memanage lebih dari tiga website, dan selama itu saya banyak belajar tentang website dan blog.

Yang bisa saya katakan tentang membuat website atau blog adalah cukup mudah dan hal itu tidak memerlukan kemampuan coding seperti HTML atau PHP. Malahan semua proses tersebut bisa dibilang otomatis. Jadi tidak masalah berapapun usia kamu, kamu dapat membuat website atau blog dengan mudah. Apa saja yang perlu dilakukan untuk memulai membuat website?

Cara Membuat Website Gratis

1. Tentukan apa yang akan kamu tulis dalam website atau blog yang akan kamu buat.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih topik dari website atau blog yang akan kamu buat. Jika kamu sudah mempunyai topik yang jelas, mulailah membuatnya. Usahakan topik yang kamu pilih adalah sesuatu yang kamu tertarik atau yang menjadi hobi kamu. Hal ini akan memudahkan kamu dalam menulis artikel dan post tentang topik yang kamu suka dan kuasai.

Jika kamu belum punya ide tentang topik atau niche apa yang ingin kamu buat, pertimbangkan untuk membuat website atau blog tentang aktifitas sehari-hari kamu, momen-momen penting, atau tentang semua hal yang ingin kamu tulis.

2. Tentukan platform yang ingin kamu gunakan, apakah full-hosted atau self-hosted.

Sebagian besar website atau blog yang ada di internet menggunakan WordPress sebagai platform untuk website atau blog mereka. Pada kenyataannya, WordPress telah didownload lebih dari 72 juta kali dan telah banyak digunakan oleh blog dan website yang populer.

Alasan memilih WordPress untuk memulai membuat website atau blog:

  • Kamu dapat memilih banyak layout dan tema secara gratis.
  • Kamu dapat dengan mudah menulis post dan menambahkan gambar kedalam website atau blog.
  • Kamu dapat membuat kategori-kategori dalam post yang kamu tulis dan membuat custom menu.
  • Orang-orang dapat memberikan komentar dan share blog kamu ke media sosial.
  • Dan masih banyak lagi.

Apa beda full-hosted dengan self-hosted?

WordPress adalah platform untuk membuat website atau blog yang sangat mudah untuk digunakan oleh siapapun. Terdapat dua pilihan, yaitu full-hosted WordPress.com dan self-hosted WordPress.org.

WordPress full-hosted – Merupakan sebuah website komersial dimana kamu dapat membuat website gratis dengan beberapa batasan atau membayar secara tahunan untuk menghilangkan batasan-batasan tersebut. Situs WordPress.com menggunakan software WordPress yang digunakan oleh WordPress.org. Jika WordPress.com adalah layanan full-hosted, maka kamu tidak perlu khawatir untuk mencari Web Hosting dan menginstall software WordPress. Layanan yang diberikan melakukan itu semua untuk kamu.

Klik disini untuk membaca cara membuat blog dengan WordPress.com.

WordPress self-hosted – Berbeda dengan WordPress full-hosted yang memberikan batasan-batasan, WordPress self-hosted memungkinkan kamu mempunyai kontrol penuh dengan website atau blog yang kamu buat. Perbedaan yang mendasar dari full-hosted dengan self-hosted adalah jika full-hosted kamu tidak perlu mencari Web Hosting sendiri, akan tetapi jika kamu memilih untuk menggunakan layanan WordPress self-hosted maka kamu harus mencari Web Hosting yang akan kamu gunakan untuk menaruh file software WordPress yang telah kamu download di WordPress.org.

Sampai disini yang perlu kamu ketahui bahwa untuk mendapatkan Web Hosting kamu harus membayar dengan jumlah tertentu. Akan tetapi apabila kamu hanya ingin membuat website atau blog pribadi, ada banyak penyedia layanan Web Hosting gratis. Tentu dengan batasan-batasan tertentu yang menjadikan Web Hosting gratis performanya sangat jauh dibawah Web Hosting berbayar.

Klik disini untuk melihat informasi penyedia layanan Web Hosting gratis.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan layanan WordPress self-hosted, baca poin no. 3. Jika ingin memakai WordPress full-hosted, klik disini.

3. Web Hosting gratis untuk WordPress self-hosted.

Ada banyak sekali penyedia Web Hosting gratis di internet. Saya sendiri sangat merekomendasikan Idhostinger jika kamu ingin memakai Web Hosting gratis. Kenapa? Karena Idhostinger menawarkan bandwidth dan disk space yang cukup besar untuk Web Hosting gratisnya. Tentu dengan batasan tertentu (biasanya batasan yang diberikan Web Hosting gratis adalah batasan dalam pemakaian CPU dan Memory). Jika kamu hanya ingin membuat website atau blog untuk personal, saya rasa layanan Web Hosting gratis yang diberikan sudah cukup. Tapi jangan khawatir, apabila website atau blog kamu mempunyai trafik tinggi kedepannya, kamu dapat mengupgrade Web Hosting gratis kamu ke Web Hosting berbayar. Upgrade Web Hosting dari gratis ke berbayar di Idhostinger tidak akan membuat file website atau blog kamu hilang. Dengan melakukan upgrade ke akun Web Hosting yang berbayar, website atau blog kamu akan mempunyai performa yang jauh lebih baik. Hal ini dilakukan untuk mengatasi trafik website atau blog yang tinggi. Karena apabila website atau blog kamu mempunyai trafik yang tinggi dan kamu menggunakan Web Hosting gratis, maka website atau blog kamu akan sering mengalami down (gak bisa diakses).

Selain membutuhkan Web Hosting, jika kamu menggunakan WordPress self-hosted kamu juga harus mempunyai domain. Untuk beberapa domain tertentu harus membayar (domain .com , .net, .info, dll). Tapi ada juga yang memberikan domain gratis.

Klik disini untuk informasi penyedia domain gratis.

4. Menginstall WordPress self-hosted di Idhostinger.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk menginstall WordPress self-hosted adalah dengan mendaftar akun Web Hosting gratis di Idhostinger.

Klik disini untuk melihat cara membuat website gratis

a. Masuk ke website Idhostinger.com dan klik ‘Buat Akun’.

cara membuat website gratis

 

b. Masukkan informasi-informasi yang diperlukan untuk membuat akun baru. Centang pada ‘Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan’ dan klik ‘Buat Akun’.

cara membuat website gratis

 

c. Verifikasi registrasi akun baru kamu dengan mengecek email yang kamu gunakan untuk mendaftar. Cek email dari Idhostinger dan klik link yang ada di dalamnya. Apabila sudah melakukan verifikasi, log in ke dalam akun Idhostinger kamu.

d. Dalam beranda akun kamu akan terlihat tampilan seperti ini:

cara membuat website gratis

Pilih Hosting –> Order Hosting Baru.

cara membuat website gratis

Pilih Paket Hosting Gratis. Klik ‘Order’.

e. Sampai disini kamu akan disuruh untuk memasukkan domain dan password.

cara membuat website gratis

Kamu diberi dua pilihan. Menggunakan subdomain yang telah disediakan oleh Idhostinger atau menggunakan domain sendiri.

Jika kamu ingin menggunakan domain sendiri (gratis) klik disini.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan subdomain, langsung saja pilih subdomain yang ingin kamu gunakan ( .esy.es, .zz.mu, .wc.lt, .hol.es, dst).

Jika sudah menentukan subdomain, ketikkan nama domain yang ingin kamu gunakan. Perlu diingat bahwa nama domain ini tidak akan bisa diganti. Jadi pikirkan baik-baik sebelum melanjutkan.

Jika sudah mengisi nama domain, masukkan password dan klik ‘Lanjutkan’.

cara membuat website gratis

Konfirmasi order kamu.

Centang ‘Saya setuju dengan ketentuan penggunaan layanan’.

Klik ‘Order‘.

cara membuat website gratis

cara membuat website gratis

Selamat! Akun Web Hosting gratis kamu telah aktif.

Refresh halaman tersebut.

Klik ‘Kelola‘.

Kamu akan dibawa ke halaman admin panel website kamu.

5. Setelah kamu berhasil membuat Web Hosting gratis, sekarang adalah menginstall WordPress.

Untuk menginstall WordPress sangat mudah. Kamu tidak perlu melakukan instalasi manual seperti mengupload file WordPress.org lewat FTP. Kamu bisa melakukannya dengan memakai Auto Installer.

Klik disini untuk melihat cara menginstall WordPress

a. Masuk ke cPanel website kamu. Kemudian pilih Auto Installer yang ada di menu Website.

cara membuat website gratis

b. Langkah kedua adalah menginstall software WordPress yang ada di bagian Content Management.

Klik WordPress.

cara membuat website gratis

Tunggu beberapa saat sampai muncul form konfigurasi instalasi baru.

cara membuat website gratis

Pada kolom Url biarkan saja, tidak usah diisi.

Pilih Bahasa yang kamu inginkan untuk website atau blog WordPress kamu.

Masukkan Username, Password, dan email yang akan kamu gunakan untuk log in ke dashboard website kamu.

Isi judul website dan tagline yang kamu inginkan. Kamu juga dapat merubah judul dan tagline di dashboard website kamu.

Pastikan semuanya sudah benar.

Klik ‘Install’.

cara membuat website gratis

Selamat! WordPress self-hosted kamu telah berhasil diinstall.

Klik ‘Detail‘ untuk melihat alamat website kamu.

cara membuat website gratis

URL Admin adalah halaman log in untuk masuk ke dashboard website kamu. Masukkan Username & Password untuk log in.

cara membuat website gratis

Setelah kamu berhasil log in kedalam dashboard website kamu, cobalah untuk menjelajahi fitur-fitur dan pengaturan yang ada di WordPress. Setelah kamu memahami semuanya, tulislah sebuah artikel untuk di posting di internet.

cara membuat website gratis

 

Selamat!!! Kamu telah berhasil membuat website gratis dengan WordPress self-hosted.

Tutorial diatas adalah cara membuat website gratis dengan subdomain yang telah disediakan oleh Idhostinger. Untuk membuat website gratis dengan menggunakan domain sendiri, kamu dapat membeli sebuah domain (misal .com) yang kamu pinpointkan (pointing DNS) ke Name Server Idhostinger. Jika kamu ingin membuat website gratis dengan domain gratis juga. Klik disini untuk melihat cara membuat domain gratis.

Bila ada yang ingin ditanyakan mengenai cara membuat website gratis diatas, tinggalkan komentar dibawah. Kami akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kamu. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat – Kantung mata dan lingkaran hitam seringkali mengganggu penampilan …

Satu komentar

  1. Jasa pembuatan Website murah , hosting murah dan berkwalitas klik http://www.estuwebdesign.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.