Cara Membuat Sitemap XML WordPress

Cara Membuat Sitemap XML – Ingin membuat sitemap xml untuk blog WordPress? Dengan bantuan sebuah plugin sitemap, anda dapat dengan mudah membuat daftar semua postingan dan juga halaman yang ada di blog dalam bentuk XML sitemap. Hanya perlu waktu beberapa menit untuk melakukannya.

Cara Membuat Sitemap XML WordPress

 

Mengapa Menggunakan Sitemap?

Alasan utama mengapa anda perlu membuat sitemap xml adalah untuk memastikan bahwa search engine mengindex semua postingan dan halaman yang ada di blog. Dengan adanya sitemap, anda dapat menghindari situasi dimana salah satu atau beberapa postingan atau halaman blog anda tidak terindex oleh search engine. Keuntungan lain yang didapat dengan adanya sitemap adalah ketika anda mempublish sebuah postingan baru akan lebih cepat terindex di search engine.

Ketika sebuah sitemap digunakan dalam blog, crawler dari search engine hanya perlu melakukan crawl melalui sitemap yang anda sediakan. Ranking blog yang tinggi adalah hasil yang didapat.

Agar memudahkan Google untuk menemukan sitemap blog anda, masukkan sitemap melalui akun Google Webmaster Tools.

Membuat Sitemap XML dengan Plugin WordPress

Cara membuat sitemap XML WordPress yang paling mudah adalah dengan menggunakan plugin sitemap. Berikut adalah beberapa plugin sitemap gratis terbaik untuk WordPress:

1. Google XML Sitemaps

Plugin ini membuat sitemap XML yang ditujukan untuk search engine. Dengan plugin ini proses index akan berjalan dengan cepat ketika anda memasukkannya ke akun Google Webmaster Tools. Anda juga dapat melakukan exclude/include terhadap post, halaman, kategori, dan juga tag.

Lebih lanjut, plugin ini secara otomatis akan memberi tahu search engine terkait update postingan dan halaman baru blog anda. Plugin ini merupakan salah satu yang populer.

Rating plugin ini 4.7 dan telah didownload lebih dari 13 juta kali.

2. WordPress SEO

Merupakan plugin yang mempunyai banyak fitur yang dapat membantu anda dalam hal SEO termasuk membuat sitemap XML. Plugin ini merupakan alat SEO all-in-one dan ketika sudah terinstall, akan ada sebuah setingan untuk membuat sitemap XML. Ketika sudah aktif, akan memberitahu search engine terkait dengan postingan dan halaman yang ada di blog anda.

Rating plugin ini 4.7 dan telah didownload lebih dari 10 juta kali.

3. Better WordPress Google XML Sitemaps

Fitur yang menarik telah dimasukkan dalam plugin ini. Anda dapat membuat sitemap XML dalam bentuk grup, sangat berguna ketika jumlah URL postingan dan halaman blog anda melebihi 50.000 limit URL yang ditentukan oleh Google. Dengan grup sitemap, anda dapat menemukan dengan mudah mana file sitemap yang mempunyai rating index paling rendah.

Rating plugin ini 4.3 dan telah didownload lebih dari 300.000 kali.

4. PS Auto Sitemap

PS Auto Sitemap dapat dengan mudah dikonfigurasi. Mempunyai beberapa fungsi yang membantu penggunanya melakukan pekerjaan yang berbeda. Plugin ini mengijinkan anda untuk membagi atau menggabungkan postingan dan kategori atau memilih sebuah tampilan sitemap. Anda juga dapat memilih  untuk menampilkan atau menyembunyikan post, page, atau kategori dan menampilkan daftar postingan sesuai dengan urutan yang dikehendaki.

Rating plugin ini 4.4 dan telah didownload lebih dari 200.000 kali.

5. WP Realtime Sitemap

Plugin ini membuat XML sitemap secara otomatis. Menawarkan beberapa fitur seperti exclude post, page, kategori, tag dan support multisite blog.

Rating plugin ini 4.5 dan telah didownload lebih dari 100.000 kali.

 

Itulah beberapa plugin WordPress yang bisa membantu anda membuat sitemap XML dengan cepat dan mudah. Dengan adanya sitemap akan membuat semua postingan dan halaman yang ada di blog anda dapat terindex semuanya di search engine.

 

 

 

tamtowild.com

tamtowild.com merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget HP Android serta informasi harga dan spesifikasi HP Android terbaru dan terupdate.

7 Komentar

  1. sitemap ini gimana Gan?cukup buat sitemap sekali seumur hidup atau buat sitemap setiap kali selesai ngepost artikel..???…mohon pencerahanya….

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock