Cara Membuat Donat Empuk

Cara membuat donat empuk – Pada waktu sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara membuat donat biasa dan cara membuat donat tanpa telur. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat donat empuk yang mudah dan praktis serta lezat tentunya.

Tentunya kita semua sudah tahu apa sih donat itu. Tapi bagi yang (mungkin) belum tahu, tidak ada salahnya kita menjelaskan terlebih dahulu asal-usul dari kue donat.

Asal-usul dari kue donat masih menjadi perdebatan. Konon, donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran dari Belanda selain makanan seperti kue kering, pai krim, dan pai buah atau cobbler. Donat juga diklaim ditemukan oleh leluhur suku Indian Wampanoag. Akan tetapi, National Dunking Association of America (NDAA) menyatakan bahwa penemu kue donat adalah Hanson Crocket Gregory. Namun, penemu dari kue donat ini memiliki dua versi cerita berbeda.

1. Hanson Gregory adalah seorang kapten kapal asal Denmark. Ketika menahkodai kapal dengan dua tangan, kue yang ia bawa ditusukkan pada roda kemudi kapal sehingga berlubang.

2. Hanson Gregory adalah nama seorang anak laki-laki berumur 15tahun asal Maine, Amerika Serikat. Ketika ibunya membuat kue, Hanson melihat bagian tengah kue tersebut belum matang. Hanson pun mencungkil bagian tengah kue dengan pisau sehingga berlubang. Saat dewasa, Hanson menjadi seorang nahkoda kapal dan kue buatannya tersebar hingga ke berbagai dunia.

Nah, itulah sekilas tentang asal-usul dari kue donat yang kita cintai ini. Sudah tahu sejarahnya kan, paling tidak tulisan diatas dapat menambah wawasan anda tentang kue donat, jadi tidak hanya cara makan kue donat saja yang anda tahu XD.  Cukup basa-basinya langsung saja ke main topic yaitu cara membuat donat empuk.

cara membuat donat empuk

Cara Membuat Donat Empuk

Bahan A:
– 850 gr tepung terigu “Cakra” / tepung terigu Jepang (Komachi)
– 30 gr ragi instant
– 10 gr garam
– 600 ml air matang (kalo pake tepung cakra, kurangi 75 – 100 ml)

Bahan B:
– 125 gr gula pasir
– 100 gr telur
– 125 gr mentega putih / shortening
– 200 gr tepung terigu “cakra” / tepung terigu Jepang
– 10 gr garam
– 60 gr susu bubuk FC

Cara membuat:
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis. Lk. 10 menit. Istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal lk. 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Goreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

 

Itulah resep cara membuat donat empuk yang mungkin bisa anda gunakan bila anda ingin membuat donat empuk sendiri. Untuk cara membuat topping donat akan kita bahas di lain waktu. Selamat mencoba!

 

 

Source: resep-resep-kue.com

tamtowild.com

tamtowild.com merupakan situs berita online tentang informasi terkini seputar gadget HP Android serta informasi harga dan spesifikasi HP Android terbaru dan terupdate.

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Terdeteksi

Harap matikan Adblock