Beranda / Cara Membuat Blog / Cara Membuat Blog Pribadi WordPress
cara membuat blog pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi WordPress

Cara Membuat Blog Pribadi WordPress – Halo! Anda punya keinginan untuk membuat blog pribadi tapi tidak tahu atau bingung apa yang harus dilakukan untuk memulainya? Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat blog pribadi melalui jasa blog gratis yang disediakan oleh WordPress.com.

cara membuat blog pribadi

Cara Membuat Blog Pribadi WordPress

1. Daftar gratis akun WordPress.com

cara membuat blog pribadi
Daftar Akun WordPress.com

Masuk ke website WordPress.com dan masukkan nama domain yang akan Anda gunakan untuk blog pribadi Anda. Pikirkan nama domain yang akan Anda pilih secara matang, karena nama domain ini tidak akan bisa dirubah. Jika Anda sudah yakin dengan nama domain yang Anda masukkan, klik ‘Create Website’. Anda akan membutuhkan alamat email yang valid untuk mendaftar akun WordPress.com baru.

 

2. Masukkan beberapa informasi untuk membuat akun gratis WordPress.com

cara membuat blog pribadi
Form Daftar Akun WordPress.com

Untuk mendaftar sebuah akun WordPress.com, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email, username dan password. Isi semua kolom tersebut hinga muncul tanda centang hijau. Pada kolom ‘Blog Address’ tidak perlu dirubah, karena ini adalah alamat domain blog Anda. Bila Anda sudah yakin dengan semuanya, klik tulisan ‘No thanks, I’ll use the free address’. Bila Anda mengklik tulisan tersebut, Anda telah setuju untuk membuat blog pribadi dengan extensi .wordpress.com. Perlu diingat bahwa blog gratis dari WordPress.com selalu diakhiri dengan ‘.wordpress.com’, jadi tampilan blog Anda di browser akan selalu diakhiri dengan extensi tersebut (contoh: tukulblog.wordpress.com). Perlu diketahui bahwa nama domain dari blog Anda tidak akan bisa dirubah. Bila Anda ingin mengganti nama domain blog Anda, daftar lagi dengan alamat email yang berbeda XD

Bila anda sudah mengklik tulisan ‘No thanks, I’ll use the free address’, kemudian scroll ke bawah pilih wordpress.com beginner, kemudian klik ‘Create Blog’ yang ada dibawah.

 

3. Setting blog WordPress.com

Judul Blog

cara membuat blog pribadi
Setting Judul dan Bahasa

Pada tahap ini Anda akan diminta untuk memasukkan judul dari blog baru Anda. Masukkan judul yang Anda inginkan di kolom Blog Title. Anda juga bisa mengganti judul blog sewaktu-waktu. Pilih Bahasa yang ingin Anda gunakan untuk blog. Kemudian klik ‘Next Step’.

Tema Blog

cara membuat blog pribadi
Pilih Tema

 

cara membuat blog pribadi
Edit Tema

Ini yang membuat WordPress keren, banyak template tema gratis yang disediakan untuk blog baru Anda. Cari tema yang sesuai dengan keinginan Anda dengan klik ‘Show more themes’. Bila sudah mendapatkan tema yang sesuai, klik pada tema tersebut. Kemudian klik ‘Next Step’. Anda bisa melakukan customize pada tema nanti.

Twitter dan Facebook

cara membuat blog pribadi
Hubungkan dengan Facebook dan Twitter

Disini Anda akan diberi pilihan apakah Anda ingin menyambungkan blog baru Anda dengan akun Facebook/Twitter yang Anda punya. Bila Anda memutuskan untuk menyambungkan dengan Facebook/Twitter, maka setiap Anda mempublish postingan di blog, maka secara otomatis postingan tersebut akan di share ke timeline Facebook/Twitter Anda.

Bila Anda sudah memutuskan, klik ‘Next Step’.

Terakhir adalah Anda diminta untuk melakukan verifikasi alamat email yang Anda gunakan pada waktu mendaftar tadi. Cek email yang masuk ke alamat email tersebut.

 

4. Selamat! Akun WordPress.com anda telah aktif

cara membuat blog pribadi
Blog berhasil dibuat

Tutorial cara membuat blog pribadi -nya sudah selesai? Tentu belum, Akun WordPress Anda belum aktif tuh. Masih belum bisa menulis postingan XD

Setelah Anda berhasil menyelesaikan langkah membuat akun WordPress.com diatas, Anda akan melihat sebuah tulisan yang memberitahukan bahwa akun wordpress Anda telah aktif dan disuruh untuk melihat email yang masuk di alamat email yang Anda gunakan untuk mendaftar di awal. Email ini berisi informasi login akun WordPress.com Anda.

cara membuat blog pribadi
halaman login

Klik pada link yang ada di email dari WordPress, Anda akan dibawa menuju halaman login akun WordPress.com.

Masukkan username atau alamat email dan password. Klik ‘Log in’.

Selamat, email anda telah terverifikasi. Sekarang Anda bisa menulis postingan pertama blog pribadi Anda.

 

5. Gambaran dashboard blog WordPress.com

cara membuat blog pribadi
Dashboard WordPress

Ketika Anda login kedalam akun WordPress yang baru saja Anda buat, Anda akan dibawa ke user dashboard. Dari sini, Anda dapat mengganti tema blog, menulis post, membuat halaman, menambah user, mengedit profil, dan banyak lagi. Luangkan waktu untuk menjelajahi dashboard blog Anda, dan jangan takut untuk mengetes beberapa perangkat dan fitur yang ada untuk mendesain blog Anda.

 

6. Gambaran toolbar yang ada di dashboard

Toolbar yang ada di dashboard akan membantu Anda untuk melakukan navigasi dalam blog. Hal ini mencakup semuanya mulai dari menulis post, moderasi komentar, modifikasi tema, dan kustomisasi sidebar blog Anda. Luangkan waktu untuk menjelajahi tab yang ada di dashboard dan jelajahi semua halaman yang ada untuk mempelajari apa saja yang bisa Anda lakukan dengan WordPress.

 

7. Memilih tema untuk blog

cara membuat blog pribadi
Browsing Tema

Salah satu fitur terbaik dari WordPress adalah banyak sekali template dan tema gratis yang tersedia. Cukup klik tab ‘Appearance’ yang ada di toolbar. Kemudian cari tema yang sesuai dengan kebutuhan dan selera Anda. Ada banyak sekali tema yang bisa Anda pilih. Anda dapat mencoba beberapa tema yang sesuai dengan selera Anda.

Tema yang berbeda biasanya memberikan level kustomisasi yang berbeda pula. Misalnya, beberapa tema mengijinkan Anda untuk mengupload custom header di blog, dan kadang-kadang menawarkan beberapa widget yang bisa Anda pilih untuk digunakan pada sidebar. Bereksperimenlah dengan fitur-fitur baru yang tersedia tersebut.

 

 8. Gambaran widget dan sidebar blog

cara membuat blog pribadi
Widget untuk Sidebar

WordPress memberikan banyak pilihan untuk mengkustomisasi blog Anda. Salah satunya adalah dengan sidebar dan widget. Anda dapat menemukan tab widget dibawah tab ‘Appearance’ yang ada di toolbar dashboard. Anda dapat menggunakan widget untuk menaruh alat pencarian, RSS, ads, dan banyak lagi. Jelajahi widget yang ada di dashboard dan temukan yang terbaik untuk meningkatkan performa blog Anda.

 

9. Anda siap untuk menulis post pertama

cara membuat blog pribadi
Halaman untuk Posting

Jika Anda sudah meluangkan waktu untuk memahami fungsi-fungsi yang ada di dashboard blog Anda, sekarang waktunya untuk menulis postingan pertama Anda. Masukkan judul dan isi atau konten kemudian pilih ‘Publish’ untuk mempublish tulisan Anda ke internet.

Bagaimana? sudah tahu kan cara membuat blog pribadi WordPress. Bila ada sesuatu yang kurang dimengerti Anda bisa meninggalkan komentar dibawah.

Sebenarnya ada platform lain yang bisa Anda gunakan untuk membuat blog pribadi, yaitu blogspot. Tapi saya sendiri lebih suka menggunakan WordPress karena banyak hal yang tidak bisa dilakukan oleh blogspot tapi bisa dilakukan oleh WordPress XD.

Tutorial cara membuat blog pribadi diatas adalah yang menggunakan WordPress full-hosted. Kalau full hosted pasti ada extensi .wordpress.com pada alamat domain blog Anda. Kalau untuk WordPress self-hosted akan saya buat tutorialnya kemudian. Yang jelas kalau Anda memakai WordPress self hosted ada dua hal mutlak yang harus Anda punya, yaitu domain dan web hosting. Bayar? ya tentu saja harus bayar untuk alamat domain dan web hostingnya :p . Menurut saya kalau untuk pemula yang benar-benar newbie dalam dunia blogging lebih baik memakai yang full hosted dulu. Kalau sudah terbiasa dan paham sepenuhnya dengan fitur-fitur dan fungsi yang ada di dashboard WordPress baru pindah ke self hosting.

Bayar? kali ini saya jawab ‘sesuai dengan kebutuhan Anda’. Seperti yang telah saya sebutkan tadi, bahwa untuk menggunakan WordPress self hosted, Anda harus memiliki domain dan web hosting. Biasanya domain dan web hosting harus bayar. Tapi ada juga yang menyediakan secara gratis, tapi jelas performance-nya kalah jauh dengan yang berbayar. Kalau untuk blog pribadi saya rasa menggunakan yang gratis saja sudah cukup. Kalau untuk blog dengan trafik tinggi, baru pakai yang berbayar. Klik link dibawah untuk informasi domain dan web hosting untuk WordPress self hosted.

Domain Gratis Terbaik

Web Hosting Gratis Terbaik

Hosting Murah Server Indonesia

Hosting Unlimited Indonesia Terbaik

Terimakasih telah mampir di blog saya dan membaca cara membuat blog pribadi sampai tuntas XD. Kasih hadiah komentar ya buat upah nulis artikelnya :mrgreen:  pegel-pegel nih tangan.

Baca Juga

Kesalahan Dalam SEO yang Perlu Dihindari

Kesalahan Dalam SEO yang Perlu Dihindari

Kesalahan Dalam SEO – Mempunyai ranking blog yang buruk di Google? Hal yang bisa dilakukan …

Cara Membuat Internal Link Otomatis

Cara Membuat Internal Link Otomatis

Membuat Internal Link – Merupakan salah satu cara untuk meningkatkan ranking blog anda. Membuat internal …

3 Komentar

  1. wah lengkap banget gan tutorialnya, jadi gampang dipahami … terima kasih banyak nie gan

  2. Odd – can you try subscribing again? Just tried it myself and it worked. Perhaps the MailChimp API had a hiccup.If it do8s;&#e217nt work, let us know!

  3. Terima kasih tips nya… btw blognya bagus 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.