Beranda / Gaya Hidup / Budaya Korea Selatan yang Perlu Diketahui
budaya korea selatan

Budaya Korea Selatan yang Perlu Diketahui

Apakah Anda mempunyai keinginan pergi ke Korea Selatan untuk bekerja atau hanya untuk jalan-jalan, mengetahui budaya Korea Selatan berikut ini penting untuk  dapat diterima di negara yang mempunyai budaya unik ini.

Budaya Korea Selatan telah bertahan selama 5000 tahun, meskipun ada upaya dari negara tetangga yang bermusuhan untuk menginjak-injaknya. Jika Anda tahu dan menghormati budaya Korea Selatan, Anda akan dapat menikmati waktu Anda selama di Korea.

Berikut adalah beberapa budaya Korea Selatan yang umum untuk perlu Anda ketahui:

Kimchi

budaya korea selatan-kimchi

Kimchi adalah irisan kol, difermentasi dengan saus cabai merah dan pasta ikan teri. Kimchi mempunyai rasa yang  tajam, pedas, dan asam. Orang Korea menyukainya dan memakannya setiap kali makan, meskipun mereka juga menggunakannya sebagai bahan dalam hidangan lainnya yang tak terhitung jumlahnya.

Kimchi adalah simbol dari budaya Korea Selatan. Memiliki rasa yang kuat, khas, dan menantang. Beberapa perut orang asing tidak bisa menerimanya. Akan tetapi jika Anda bisa, Anda akan mendapatkan rasa hormat yang tulus dari penduduk setempat.

Melepas sepatu

budaya korea selatan-melepas sepatu

Ketika memasuki rumah di Korea, Anda harus melepas sepatu Anda. Jika Anda tidak melakukannya, hal itu merupakan tanda dari ketidakhormatan.

Penduduk Korea memiliki hubungan khusus dengan lantai mereka, di mana mereka menggunakannya untuk duduk dan tidur. Lantai kotor sangat tidak ditoleransi di rumah orang Korea.

Soju

budaya korea selatan-soju

Salah satu budaya Korea Selatan adalah minum. Minuman keras nasional mereka adalah Soju, minuman seperti vodka. Seperti semua minuman keras di Korea, Soju selalu disajikan dengan makanan.

Pada malam hari Anda akan melihat orang-orang yang keluar dari Norae Bang (kamar karaoke) dan membuat kegaduhan di jalan-jalan, tertawa, bernyanyi dan berdebat. Pastikan untuk menghindari genangan muntah kemerahan yang sering tertinggal, yang juga dikenal sebagai bunga kimchi.

Nasi

budaya korea selatan-nasi

Seperti di Jepang, Penduduk Korea hampir setiap hari makan dengan nasi pada saat mereka makan. Hal ini begitu mendarah daging dalam budaya mereka bahwa salah satu salam yang paling umum mereka ucapkan adalah ‘Bap meogeosseoyo?‘,  Apakah engkau makan nasi?

Berbeda dengan Jepang, penduduk Korea biasanya makan nasi dengan menggunakan sendok dan mereka tidak pernah menaikkan mangkok nasi dari meja ke arah mulut mereka.

Selain itu, sumpit tidak boleh dibiarkan mencuat dari mangkuk nasi, karena ini menyerupai cara nasi yang ditawarkan kepada orang yang sudah meninggal.

Daging anjing

budaya korea selatan-daging anjing

Beberapa penduduk Korea memakan daging anjing, meskipun beberapa upaya sporadis telah dilakukan oleh pemerintah untuk menutup restoran Boshingtang (sup daging anjing) dalam rangka meningkatkan citra negara di mata internasional.

Daging anjing dikonsumsi terutama selama musim panas oleh orang-orang yang mengklaim bahwa hal tersebut dapat meningkatkan stamina mereka.

Mungkin budaya Korea Selatan diatas terlihat aneh di mata kita orang Indonesia. Meskipun begitu, kita tetap harus menghormati budaya negara lain apalagi kita akan hidup di negara tersebut untuk waktu yang cukup lama. Dengan menghormati budaya negara lain, kita akan bisa diterima oleh penduduk yang ada di sekitar kita.

Itulah beberapa budaya Korea Selatan yang mungkin bisa menambah pengetahuan Anda tentang Korea. Semoga bermanfaat, nantikan artikel kami berikutnya terkait dengan hal-hal yang unik yang ada di Korea.

Baca Juga

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Cepat

Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat – Kantung mata dan lingkaran hitam seringkali mengganggu penampilan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.