Beranda / Berita Teknologi / Apa Itu 5G dan Kapan 5G Diluncurkan?
apa itu 5g

Apa Itu 5G dan Kapan 5G Diluncurkan?

Di tahun 2019 ini Anda pasti sering mendengar kata 5G. Tapi apakah Anda mengetahui apa itu 5G? Jangan khawatir, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit tentang jaringan 5G ini.

Apa itu 5G?

Jaringan 5G adalah generasi berikutnya dari konektivitas internet mobile. Menawarkan kecepatan yang lebih cepat dan koneksi yang lebih andal pada smartphone dan perangkat lain daripada generasi sebelumnya.

Menggabungkan teknologi jaringan mutakhir dan hasil penelitian terbaru. 5G seharusnya menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada koneksi 4G saat ini. Dengan kecepatan download rata-rata sekitar 1 GBps yang diharapkan segera menjadi nyata.

Jaringan 5G ini akan membantu meningkatkan teknologi Internet. Menyediakan infrastruktur yang dibutuhkan untuk membawa data dalam jumlah besar. Serta memungkinkan dunia yang lebih cerdas dan lebih terhubung.

Dengan pengembangan yang berjalan dengan baik dan tes yang sudah dilakukan di seluruh dunia, jaringan 5G diharapkan akan diluncurkan di seluruh dunia pada tahun 2020. Bekerja bersama teknologi 3G dan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi lebih cepat yang tetap online di mana pun Anda berada. Penjelasan ini mungkin sudah dapat memberikan gambaran kepada Anda apa itu 5G.

Kapan 5G akan diluncurkan?

Di Amerika

Verizon mengejutkan sebagian besar dunia dengan meluncurkan jaringan 5G pada awal April 2019. Menjadikannya yang pertama di dunia yang menawarkan jaringan 5G generasi berikutnya.

Saat ini hanya tersedia di bagian terbatas Chicago dan beberapa lokasi lain. Dan hanya ada dua ponsel saat ini yang tersedia untuk digunakan pada jaringan 5G disana.

Di Chicago, AS, hasil tes telah memperoleh kecepatan hingga 1,4 Gbps. Jauh lebih cepat daripada kecepatan puncak 4G 300 Mbps (meskipun kecepatan rata-rata cenderung di bawah 100 Mbps).

5G di London, Inggris lebih merupakan tas campuran, dengan kecepatan dalam pengujian mulai dari 200 Mbps hingga 550 Mbps. Masih jauh lebih cepat daripada 4G, tetapi tidak setingkat yang dilihat di Chicago.

AT&T telah meluncurkan jaringan 5G ke 19 kota di seluruh Amerika Serikat. Tetapi masih belum menawarkan ponsel 5G. Dengan satu-satunya pilihan Anda untuk saat ini hotspot seluler 5G Netgear Nitehawk.

Sementara itu, T-Mobile belum meluncurkan jaringan 5G di AS. Tetapi sebelumnya mengatakan akan membawa 5G ke 30 kota, mulai di Kota New York, Los Angeles, Dallas, dan Las Vegas.

Di Inggris

EE adalah operator Inggris pertama yang meluncurkan jaringan 5G-nya. Menyalakannya di enam kota pada 30 Mei 2019. Perusahaan itu berjanji untuk membawa 5G ke 10 kota lain pada akhir 2019.

Ini akan diikuti oleh Vodafone pada 3 Juli 2019, ketika akan meluncurkan 5G di tujuh kota. Dengan total 19 lokasi yang dicakup pada akhir tahun.

O2 dan Three juga telah berkomitmen untuk meluncurkan jaringan 5G pada tahun 2019. Tetapi belum didapatkan tanggal rilis yang pasti dari operator mana pun.

3 setidaknya telah memberikan beberapa detail, dengan peluncuran broadband rumah 5G pada bulan Agustus dan usulan mobile-nya menyusul akhir tahun ini. Dan berencana untuk memiliki 5G di 25 kota besar dan kecil sebelum akhir tahun.

Baca Juga:  HP Jaringan 5G di Indonesia Tahun 2019 ?

Telepon 5G apa yang tersedia?

Setelah Anda mengetahui apa itu 5G, lalu ponsel apa saja yang mendukung jaringan ini? Sejumlah pengumuman ponsel 5G telah dibuat pada tahun 2019. Namun hanya sedikit yang tersedia saat ini, dan pilihannya dibatasi oleh negara dan operator.

Di AS, Motorola 5G Moto Mod menyediakan konektivitas generasi mendatang ke beberapa ponsel Moto Z tertentu. Ditambah Samsung Galaxy S10 5G juga tersedia.

Bagi mereka di Inggris, saat ini Anda dapat memperoleh lima ponsel 5G: Samsung Galaxy S10 5G, Oppo Reno 5G, OnePlus 7 Pro 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G dan LG V50 ThinQ 5G.

Seberapa cepat 5G?

Kecepatan 5G akan bervariasi di antara lokasi, negara, operator dan perangkat. Tetapi secara keseluruhan kecepatan internet rata-rata yang dapat Anda harapkan harus jauh lebih besar daripada apa yang saat ini ditawarkan pada 4G.

Mungkin itu saja pembahasan singkat mengenai apa itu 5G. Secara singkat dapat dikatakan bahwa 5G adalah penerus dari jaringan 4G yang ada saat ini. Dengan adanya jaringan 5G, Anda akan mendapatkan kecepatan download yang lebih cepat dibandingkan jaringan 4G.

 

Tinggalkan Komentar